Implementasi model pembelajaran integratif tema peristiwa di kelas II MI Darul Ulum Pedurungan Kidul Kota Semarang tahun ajaran 2016/2017

Ali, Neili Rahma Zulhida (2018) Implementasi model pembelajaran integratif tema peristiwa di kelas II MI Darul Ulum Pedurungan Kidul Kota Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (809kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi model pembelajaran integratif tema peristiwa di kelas II MI Darul Ulum Pedurungan Kidul Kota Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh berkembangnya ilmu pengetahuan dan perlu adanya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: “Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Integratif Tema Peristiwa di Kelas II MI Darul Ulum Pedurungan Kidul Kota Semarang Tahun Ajaran 2016/2017?”. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Kajian ini menunjukkan bahwa: perencanaan pembelajaran tematik, di dalam RPP menerapkan standar proses dalam pelajaran yang termuat dalam kurikulum KTSP yaitu eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi (EEK) dikarenakan MI Darul Ulum mengaplikasikan tematik KTSP. Kemudian dalam pelaksanaanya guru kelas II menggunakan model pembelajaran Connected. Di kelas II MI Darul Ulum pelaksanaan pembelajaran tematik masih belum semua dilakukan guru sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat oleh guru. Di dalam pembelajaran guru perlu meningkatkan penguasaan kelas karena masih belum maksimal,, sehingga beberapa peserta didik masih terlihat berbicara dengan teman sebangkunya. Selain itu dalam pelaksanaannya guru tidak membahas semua materi yang ada di dalam satu buku pegangan saja, karena jika menggunakan satu buku pegangan saja, materi hanya itu-itu saja dan membuat guru menjadi kurang puas dengan materi yang disampaikan. Dalam pelaksanaan pembelajaran ada beberapa hal yang sedikit berubah, hal itu disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik. Didalam penilaian mencantumkan cara penilaiannya dilakukan saat proses dan sesudah pembelajaran. Teknik dan instrumen penilaian yang digunakan disesuaikan dengan buku guru karena dibuku guru sudah dicantumkan dan disediakan langkah-langkah penilaiannya. Guru mengikuti alur yang ada di dalam buku guru, sehingga itu dapat memudahkan guru dalam menentukan jenis penilaian yang sesuai dengan materi pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHidayati, AniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran integratif; Tema peristiwa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 27 Sep 2018 00:24
Last Modified: 27 Sep 2018 00:24
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item View Item