Aplikasi Akad Wadi’ah pada Produk Tabungan iB Tasya Wadi’ah di PT. BPRS Suriyah Cabang Semarang

Rahma, Neli Kurnia (2013) Aplikasi Akad Wadi’ah pada Produk Tabungan iB Tasya Wadi’ah di PT. BPRS Suriyah Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
102503054_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503054_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503054_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503054_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503054_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
102503054_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya minat masyarakat yang ingin menyimpan uangnya di BPRS Suriyah Semarang. Produk yang diminati masyarakat semarang adalah Tabungan iB Tasya Wadi’ah. Tabungan iB Tasya Wadi’ah yaitu titipan nasabah yang harus dijaga oleh Bank dan dapat diambil sewaktu-waktu oleh nasabah. Untuk menarik minat nasabah, BPRS Suriyah Semarang menawarkan produk tabungan yang menarik sesuai dengan prinsip-prinsip syari’ah. Sehingga dapat menarik minat bagi pemilik dana untuk menyimpan uanganya di BPRS Suriyah Semarang. Berdasarkan latarbelakang diatas penulis merumuskan masalah bagaimana Aplikasi Akad Wadi’ah di BPRS Suriyah Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif dan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari lapangan melalui wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan objek yang diteliti. Adapun data penelitian ini diperoleh dari Direktur dan Karyawan BPRS. Selain itu penulis juga menggunakan data sekunder sebagai pendukung data primer yang diperoleh secara tidak langsung melalui bahan kepustakaan dari buku, dokumen, laporan, fatwa DSN dan sumber tertulis lainnya yang sesuai dengan masalah yang diteliti. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada pihak BPRS Suriyah Semarang. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat kualitatif. Data kualitatif adalah metode analisis data yang tidak berdasarkan pada angka-angka atau perhitungan, akan tetapi keterangan, pendapat dan pandangan pemikiran yang dapat merubah kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian ini adalah Tabungan iB Tasya Wadi’ah merupakan tabungan dalam bentuk simpanan yang menggunakan prinsip Wadi’ah Yad Dhamanah yang dapat disetor dan diambil kapan saja dengan mendapatkan hasil yang menguntungkan dari hasil usaha BPRS Suriyah. Adapun mekanisme Tabungan iB Tasya Wadi’ah yang dilakukan di BPRS Suriyah Semarang, meliputi: pembukaan rekening Tabungan iB Tasya Wadi’ah, penyetoran rekening Tabungan iB Tasya Wadi’ah, penarikan dan pengambilan Tabungan iB Tasya Wadi’ah, dan penutupan Tabunga iB Tasya Wadi’ah. Berdasarkan akad wadi’ah, sebagai imbalan kepada pemilik dana disamping jaminan keamanan uangnya juga akan memperoleh bonus sebesar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akad Wadi’ah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Qomarudin
Date Deposited: 11 Dec 2013 05:51
Last Modified: 11 Dec 2013 05:51
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item