Model pendidikan Islam anti radikalisme di Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Kab. Brebes

Khalim, Abdul (2017) Model pendidikan Islam anti radikalisme di Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Kab. Brebes. Masters thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1500118001_Tesis.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji usaha-usaha pesantren Al-Hikmah 2 dalam mengembangkan model pendidikan Islam yang anti terhadap radikalisme. Penelitian ini menjawab beberapa permasalahan, yakni; 1) Apa yang dilakukan kyai/ pengasuh Pesantren Al-Hikmah 2 dalam membentengi santri/ komunitas pesantren dari radikalisme Islam?; 2) Apa yang dilakukan kyai/ pengasuh Pesantren Al-Hikmah 2 dalam mengembangkan pemahaman Islam yang moderat?. Untuk mencapai tujuan, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tempat penelitian adalah Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Kab. Brebes. Suber datanya adalah para kyai/ pengasuh, dan para ustadz. Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Data-data yang terkumpul melalui berbagai macam metode tersebut kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu kegiatan analisis yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam rangka membentengi para santri dari radikalisme Islam Pesantren Al-Hikmah 2 memilih materi-materi ajar, rekrutmen dewan asatidz/ guru dan pengawasan pergaulan dan akses informasi santri. Model pengembangan pendidikan Islam moderat adalah dengan menjadikan nilai-nilai Ahlussunnah Waljama>’ah sebagai nilai dasar dalam proses penyelenggaraan pendidikanya. Strategi pengembanganya adalah melalui keteladanan (modeling), melalui proses pembelajaran yang meliputi pembelajaran kitab, pendidikan wawasan kebangsaan, praktek pembiasaan serta pengembangan melalui desain lingkungan pesantren yang menunjukan pengembangan nilai-nilai Islam moderat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorShabir, MuslichUNSPECIFIED
Thesis advisorRuswan, RuswanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pendidikan Islam; Anti radikalisme; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:23
Last Modified: 08 Oct 2018 04:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8402

Actions (login required)

View Item View Item