Kurikulum badan koordinasi taman pendidikan Al-Qur’an untuk pendidikan anak di Kota Semarang

Purnomo, Edi (2018) Kurikulum badan koordinasi taman pendidikan Al-Qur’an untuk pendidikan anak di Kota Semarang. Masters thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1500118015_Tesis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kurikulum Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Qur’an Untuk Pendidikan Anak Di Kota Semarang. 2) Implementasi Kurikulum Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Qur’an Untuk Pendidikan Anak Di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi yang digunakan adalah studi dokumen dan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilaksanakan dengan menggunakan uji triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis deskriptif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kurikulum badan Koordinasi TPQ semarang adalah memiliki komponen kurikulum yang meliputi aspek al-Qur'an, keimanan, akhlak, ibadah/muamalah, akidah, dan tarikh/sejarah umat Islam. Aspek-aspek tersebut dijadikan sebagai sub-sub mata pelajaran TPQ yang meliputi: mata pelajaran pembelajaran Al-Qur’an, ibadah, akidah, syariat, akhlak kisah islami. Dalam melakukan evaluasi pembelajaran dalam kurikulum Badko TPQ Kota Semarang yaitu dilakukan evaluasi internal di masing-masing TPQ dan evaluasi eksternal yaitu evaluasi di tingkat kota semarang yang dilakukan setiap setahun sekali untuk semua anggota badko TPQ kota Semarang. 2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di TPQ Al-Falah dan Darussalam sama-sama menggunakan metode Qiro’ati. Materi yang disampaikan sama-sama materi dari Badko Kota semarang. Akan tetapi di dalam dua TPQ ini tidak semua metode pembelajaran dalam Kurikulum Badko digunakan, hanya metode ceramah, Tanya jawab, demonstrasi, dan latihan. Evaluasi pembelajaran di TPQ Al-FAlah dilakukan ditingkat TPQ, kecamatan dan kota semarang. Ujian ini dinamakan EBTAQ (Evaluasi Belajar Tahap Al-Qur’an). Evaluasi berupa ujian tes tulis, lisan dan praktek. Materi yang diujikan baca tulis Al-Qur’an, praktek ibadah, sejarah islami, hafalan-hafalan surat pendek dan hafalan doa. Sedangkan evaluasi yang dilakukan TPQ Darussalam, dilaksanakan ditingkat TPQ dan kota semarang. Tingkat TPQ evaluasi dilakukan dua kali setahun, sedangkan di tingkat kota adalah setahun sekali yang di adakan Badko TPQ kota Semarang. ABSTRACT: This thesis aims to know: 1) Curriculum Coordination Board of Education Park Al-Qur'an for Children Education In Semarang City. 2) Implementation of Curriculum Coordination Board of Education Park Al-Qur'an for Children Education In Semarang City. This research is a descriptive qualitative research with the strategy used is document study and case study. Data collection is done by interview, observation, and documentation. The data validity test is performed using triangulation test. Data analysis used is descriptive analysis model, that is data reduction, data presentation and conclusion. The results of this study indicate that: 1) Curriculum of Coordinating Board of TPQ Semarang is having curriculum component covering aspects of al-Qur'an, belief, morality, worship and history / history of Muslims. These aspects are used as sub subjects TPQ subjects that include: learning subjects Al-Qur'an, worship, aqeedah, shari'a, morals Islamic story. In conducting the evaluation of learning in curriculum Coordinating Board TPQ Semarang City is an internal evaluation in each TPQ and an external evaluation of the evaluation at the level of Semarang city conducted every once a year for all members of the coordinating body TPQ Semarang city. 2) Implementation of learning activities at TPQ Al-Falah and Darussalam both use Qiro'ati method. The material presented is both material from Coordination Board Semarang City. However, in these two TPQ not all learning methods in the Curriculum are used, only lecture methods, frequently asked questions, demonstrations, and exercises. Evaluation of learning in TPQ Al-FAlah conducted TPQ level, subdistrict and city of semarang. This is called EBTAQ (Evaluation of Learning Stage of the Qur'an). Evaluate in the form of written test exam, oral and praktek. The material that is tested is read Al-Qur'an, practice of worship, Islamic history, rote memorandum and recitation of prayer. While the evaluation conducted TPQ Darussalam, implemented TPQ level and the city of semarang. evaluation is done twice a year at the TPQ level, while at the city level is once a year that held TPQ Semarang city.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRohman, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:41
Last Modified: 08 Oct 2018 04:41
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8404

Actions (login required)

View Item View Item