Strategi Pembelajaran Sains Berwawasan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dalam Menumbuhkembangkan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Fiqh pada Peserta Didik MA NU Nurul Huda Mangkangkulon Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009

Muftidin, Muftidin (2010) Strategi Pembelajaran Sains Berwawasan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dalam Menumbuhkembangkan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Fiqh pada Peserta Didik MA NU Nurul Huda Mangkangkulon Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Muftidin_Tesis_Cover.pdf - Cover Image

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muftidin_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muftidin_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muftidin_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (155kB) | Preview
[img] Text
Muftidin_Tesis_Bab3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
Muftidin_Tesis_Bab4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img]
Preview
Text
Muftidin_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Muftidin_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana strategi pembelajaran berwawasan SETS dalam menumbuhkembangkan aktivitas belajar peserta didik, paling tidak ada 2 (dua) permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, yaitu: pertama, penerapan strategi pembelajaran berwawasan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) mata pelajaran Fiqh di MA NU Nurul Huda Mangkangkulon Semarang. kedua, aktivitas belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran berwawasan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) mata pelajaran Fiqh di MA NU Nurul Huda Mangkangkulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu mendeskripsikan fenomena atau gejala secara holistik, kemudian menggali data yang bermakna. Adapun penggalian data dengan menggunakan metode obeservasi, wawancara dan dokumentasi, dapat diperoleh tentang penerapan strategi pembelajaran berwawasan SETS di mata pelajaran Fiqh dan aktivitas belajar peserta didik. Penelitian ini menerangkan bahwa penerapan (praktik) pembelajaran berwawasan SETS dalam menumbuhkembangkan aktivitas belajar peserta didik yaitu dengan cara menyesuaikan metode yang tepat dalam membahas materi yang sedang berlangsung dan berprinsip pada; (1) mengembangkan ketrampilan proses dan cara berpikir tingkat tinggi (high order thinking) unsur teknologi; (2) mengaitkan dampak lingkungan dengan melalui kunjungan objek; (3) menerapkan pembelajaran cooperative dan active learning; dan (4) menerapkan pembelajaran terminology cognitive agar dapat menganalisis pengaruh sains dan teknologi. Adapun metode yang digunakan adalah field trip, sosiodrama, bermain peran, pemberian tugas, ceramah, diskusi, tanya jawab, dan proyek. Sedangkan pendekatan pembelajaran yang dipraktikkan adalah; (1) ekspositori; (2) diskoveri; dan (3) inkuiri. Dengan menggunakan media pembelajaran CD/VCD/DVD atau slide. Sehingga peserta didik dalam mengikuti pembelajaran merasa senang, memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bereksplorasi, mengembangkan imajinasi peserta didik, pengembangan pemecahan masalah, dan mampu melakukan kerja sama antara peserta didik. Penerapan pembelajaran berwawasan SETS mempunyai respon yang signifikan (berarti) dalam menumbuhkembangkan aktivitas belajar peserta didik, yaitu: (1) membangkitkan daya persepsi peserta didik, (2) merangsang tumbuhnya rasa ingin meneliti, (3) menggunakan elemen pembelajaran secara variatif,yang diwujudkan dengan beberapa aktivitas peserta didik yaitu: (1) kesadaran beribadah, (2) kebiasaan melaksanakan hukum Islam dengan ikhlas, (3) disiplin dan rasa tanggung jawab sosial, (4) pemahaman Fiqh atau hukum Islam lebih mendalam. Dalam penerapan strategi pembelajaran berwawasan SETS pada mata pelajaran Fiqh, masih ada materi yang tidak bisa disampaikan secara maksimal, seperti materi Fiqh Jinayat, zina, qadhaf, dan bughah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Science Environment Technology and Society (SETS); Aktivitas Belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 11 Dec 2013 06:43
Last Modified: 11 Dec 2013 06:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item