Keberagamaan dan pola pendidikan agama anak jalanan : studi kasus di Rumah Pintar Bang Jo PKBI Jawa Tengah)

Fatimah, Rida Nur (2018) Keberagamaan dan pola pendidikan agama anak jalanan : studi kasus di Rumah Pintar Bang Jo PKBI Jawa Tengah). Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1500118040_Tesis.pdf]
Preview
Text
1500118040_Tesis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan keberagamaan anak jalanan di Rumah Pintar Bang Jo, dengan merujuk pada dimensi-dimensi agama. 2) Menjelaskan pola-pola pendidikan agama yang diberikan kepada anak jalanan di Rumah Pintar Bang Jo. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilakukan di Rumah Pintar Bang Jo, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan studi kasus. Datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilaksanakan dengan menggunakan triangulasi dan member check. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Kajian ini menghasilkan temuan: 1) (a). Keberadaan Tuhan diyakini dengan diberikannya kehidupan yang sehat, rezeki, dan perlindungan dari berbagai kesulitan hidup. (b). Kepatuhan terhadap agama dalam bentuk ritual/praktik keagamaan masih sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari minimnya aktifitas keagamaan yang mereka lakukan. (c). Kemampuan intelektual dan tingkat pengetahuan agama mereka masih pada tahap pengetahuan dasar agama, seperti rukun iman dan islam, sejarah singkat nabi dan rasul, bacaan shalat, serta beberapa do’a harian. (d). Pada tahap pengalaman beragama, yang terjadi pada anak jalanan adalah mereka pada umumnya belum merasakan adanya kedekatan dengan Tuhan dan kebutuhan terhadap agama belum menjadi hal urgent dalam kehidupan mereka. (e). Bentuk perilaku dan nilai-nilai religius yang hidup di kalangan anak jalanan sebagai konsekuensi dalam beragama, diaplikasikan dalam kehidupan sosial berupa solidaritas antar sesama, saling menolong, sopan kepada orang yang lebih tua, bekerja sama, berlaku jujur, dan sebagainya. 2). Pola pendidikan agama di Rumah Pintar Bang Jo adalah bercirikan fasilitatif, komunikatif, partisipatif, non formalistik dan humanistik. Integrasi dari beberapa pola pendidikan inilah yang dilakukan untuk memenuhi hak-hak anak, terutama dalam upaya memberikan pendidikan dan menanamkan nilai-nilai agama.

ABSTRACT:

This study aims to: 1) Determine and describe the religiosity street children in Rumah Pintar Bang Jo, it refers to the dimensions of religion. 2). Explain the educational patterns given to street children in Rumah Pintar Bang Jo. These problems were discussed through field study applied in Rumah Pintar Bang Jo by using a phenomenological approach and case study. The data obtained through the method of observation, interview, and documentation. The validity test of the data is implemented by using triangulation and member check. The technique of data analysis used are reduction data, display data, and verification data (conclusion). The result of this study were: 1) (a). The existence of God is believed to give a healthy life, sustenance, and protection from the difficulties of life. (b). The loyalty to religion in the form of ritual/religious practice is still very low. It can be seen from the lack of religious activities that they did. (c). The Intellectual ability and level of religious knowledge are still at the basic level such as the pillars of Iman and Islam, the brief history of prophets and apostles, reciting prayers, as well as their some daily prayers. (d). At the stage of religious experiences, which occurs on street children, were that they generally have not ever felt the closeness with God yet and the need for religion has not become an urgent thing in their life. (e). The form of behaviour and religious values that lives among the street children as a consequence of religious, applied in social life such as the solidarity to the others, mutual helping, fairness, and so on. 2). The patterns of educational religion in Rumah Pintar Bang Jo are characterized by facilitative, communicative, participatory, non-formalistic, and humanistic. The integration of several patterns of education are committed to fulfill the rights children especially in the effort in providing the education and instilling the values of religion.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola pendidikan agama; Anak jalanan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:16
Last Modified: 09 Oct 2018 06:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8432

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics