Pengembangan bahan ajar fisika kelas X SMA/MA berbasis kearifan lokal pada materi pengukuran, gerak benda, dan hukum-hukum newton

Maskiyyah, Zakiyyatul (2018) Pengembangan bahan ajar fisika kelas X SMA/MA berbasis kearifan lokal pada materi pengukuran, gerak benda, dan hukum-hukum newton. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of naskah skripsi.pdf]
Preview
Text
naskah skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal untuk peserta didik kelas X SMA/MA pada materi Pengukuran, Gerak Benda, dan Hukum-hukum Newton, serta Mengetahui kualitas bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal untuk peserta didik kelas X SMA/MA pada materi Pengukuran, Gerak Benda, dan Hukum-hukum Newton ditinjau pada aspek kelayakan isi, aspek penyajian materi, aspek komponen kebahasan, dan aspek komponen kegrafikan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang disederhakan menjadi enam tahap yaitu Studi pendahuluan (Initial Study/Research and Information Collection), Perencanaan Produk (Planning), Pengembangan Produk (Develop Preliminary Form of Product), Validasi Produk (Preliminary Field Testing), Revisi Produk (Main Product Revision), dan Uji Lapangan (Main Field Testing). Instrumen berupa angket digunakan untuk menilai kualitas bahan ajar menggunakan skala Likert dengan empat kategori yaitu sangat baik, baik, kurang, dan sangat kurang, yang diberikan kepada ahli materi dan guru fisika, serta ahli media. Angket responden terhadap bahan ajar oleh peserta didik. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian ahli materi dan guru fisika 87,5% dengan kategori sangat baik, ahli media 73% dengan kategori baik dan responden dari peserta didik 82% dengan kategori sangat baik. Presentase rata-rata dari ketiga ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan guru fisika adalah 80,25% sehingga bahan ajar dikategorikan sangat baik dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Kearifan lokal; Media pembelajaran; Fisika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:05
Last Modified: 17 Dec 2021 09:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8440

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics