Pengembangan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam materi tata surya, pesawat sederhana, dan gaya untuk SMP/MTs

Muna, Iffatul (2018) Pengembangan modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam materi tata surya, pesawat sederhana, dan gaya untuk SMP/MTs. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
PDFsam_merge.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara dengan guru IPA diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran, buku ajar yang digunakan sebagai sumber belajar hanya memuat materi-materi tentang ilmu pengetahuan belum menggunakan buku ajar yang diintegrasikan dengan aya-ayat AlQur’an maupun dengan nilai-nilai keIslaman. Menindak lanjuti masalah tersebut maka diperlukan bahan ajar yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dan diintegrasikan dengan ayat-ayat Al-Qur’an maupun nilai-nilai keIslaman. Tujuan penelitian ini adalah membuat modul pembelajaran fisika berbasis integrasi sains dan Islam pada materi tata surya, pesawat sederhaa, dan gaya untuk SMP/MTs. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dibatasi sampai dengan tahap validasi ahli. Instrument yang digunakan untuk mengetahui kualitas modul dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dengan lima kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data kualitatif dari ahli media, ahli materi, dan guru IPA, serta data keterbacaan modul oleh siswa kemudian mengubahnya menjadi data kuantitatif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa modul fisika berbasis integrasi sains dan Islam ini layak digunakan dengan kategori baik. (B). Hal ini didasarkan pada jumlah rerata skor dan presentase kelayakan modul, untuk ahli materi 3,5 dengan persentase kelayakan 70,7%, untuk ahli media 4 dengan persentase kelayakan 80%, untuk guru IPA 3,9 dengan persentase kelayakan 79%, dan untuk keterbacaan modul sebesar 83,15%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKumila, Biaunik NiskiUNSPECIFIED
Thesis advisorJasuri, JasuriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Sains dan Islam; Fisika; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:06
Last Modified: 12 Oct 2018 08:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8442

Actions (login required)

View Item View Item