Pengaruh model pembelajaran group investigation (GL) dan literasi sains terhadap penguasaan konsep materi gerak lurus (GL) SMP IT Robbani Kendal

Restianingsih, Restianingsih (2017) Pengaruh model pembelajaran group investigation (GL) dan literasi sains terhadap penguasaan konsep materi gerak lurus (GL) SMP IT Robbani Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Restianingsih___133611028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) dan literasi sains terhadap penguasaan konsep materi gerak lurus di SMP IT Robbani Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, yang dilaksanakan di SMP IT Robbani Kendal. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Masing-masing kelas memiliki jumlah 20 peseta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode yaitu, metode dokumentasi, metode tes (multiple choice tes) dan metode kuesioner. Kedua kelas sebelum diberi perlakuan diuji terlebih dahulu dengan uji normalitas dan homogenitas, kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model GI dan literasi sains sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Hipotesis diuji dengan menggunakan korelasi Pearson product momen dan regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruhnya pada uji hipotesis satu dan dua. Sedangkan uji hipotesis tiga menggunakan uji korelasi parsial dan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruhnya. Hasil uji hipotesis satu adalah diperoleh korelasi antara GI terhadap penguasaan konsep diperoleh 0,136 dengan pengaruh sebesar 1,9% (tidak signifikan) . Hasil uji hipotesis dua didapat korelasi antara literasi sains dan penguasaan konsep sebesar 0,200 dengan besar pengaruhnya 4%. Sedangkan untuk korelasi dari GI dan literasi sains terhadap penguasaan konsep adalah 0,136 dan 0,200 dan pengaruhnya 5,4 %. Dari hasil tersebut bahwa ada pengaruh antara variable dependent dan independent namun tidak signifikan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFadlan, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorJasuri, JasuriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Group Investigation (GL); Literasi sains; Penguasaan konsep materi; Fisika; Gerak lurus
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 539 Modern physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:22
Last Modified: 12 Oct 2018 08:22
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8448

Actions (login required)

View Item View Item