Pengembangan modul fisika pada materi gerak harmonik sederhana berbasis experiential learning terintegrasi karakter untuk siswa kelas X SMA

Kurniawan, Faisal Hadi (2017) Pengembangan modul fisika pada materi gerak harmonik sederhana berbasis experiential learning terintegrasi karakter untuk siswa kelas X SMA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (50MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya bahan ajar Fisika kelas X SMA/MA berbasis pembelajaran pengalaman yang diintegrasikan dengnan nilai-nilai karakter pada materi Gerak Haronik Sederhana yang berada di Sekolah. Bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik modul Fisika materi Gerak Harmonik Sederhana berbasis experiential learning terintegrasi karakter, menguji kelayakan modul, dan menguji efektivitas modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Developtment). Prosedur penelitian sesuai dengan langkah penelitian yang dijelaskan oleh Borg & Gall. Hasil uji kelayakan dari ahli materi sebesar 89,29% dengan kategori sangat layak; ahli media sebesar 88,2% dengan kategori sangat layak; dan guru fisika sebesar 93,8 % dengan kategori sangat layak. Uji coba lapangan terbatas dilakukan dengan uji keterbacaan kepada 10 siswa dengan hasil 84,8% dengan kategori sangat baik. Hasil uji skala luas menunjukkan modul efektif digunakan sebagai bahan ajar. Penelitian ini menghasilkan produk berupa modul Fisika pada materi Gerak Harmonik Sederhana berbasis experiential learning terintegrasi karakter untuk siswa kelas X SMA.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorArsini, ArsiniUNSPECIFIED
Thesis advisorFariyani, QisthiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; Fisika; Gerak harmonik sederhana; Experiential learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 15 Oct 2018 07:12
Last Modified: 15 Oct 2018 07:12
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8453

Actions (login required)

View Item View Item