Pengembangan modul IPA bercirikan contexual teaching and learning (CTL) pada materi sifat benda dan perubahan wujud zat siswa kelas XI SMALB-C

Agustin, Nanda Agnesti (2018) Pengembangan modul IPA bercirikan contexual teaching and learning (CTL) pada materi sifat benda dan perubahan wujud zat siswa kelas XI SMALB-C. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Preview

Abstract

Modul merupakan salah satu piranti pembelajaran yang berguna menunjang perkembangan kemampuan dan potensi siswa. Penelitian ini dilaksanakan karena minimnya ketersediaan buku ajar atau lembar kerja siswa tunagrahita di SMALB-C Widya Bakti Semarang. Pada penelitian ini penulis mengembangkan modul pembelajaran IPA dengan mengaitkan dengan contoh berserta peristiwa dalam kehidupan sehari–hari siswa (kontekstual). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research dan Development (R&D) yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg dan Gall yang dibatasi sampai tahap validasi ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kualitas modul pembelajaran IPA bercirikan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sifat benda dan perubahan wujud zat siswa kelas XI SMALB-C. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa skala likert dengan lima kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Analisis data diperoleh dari proses validasi produk modul IPA oleh 2 ahli subsansi materi, 2 ahli desain media serta wawancara siswa. Data yang didapat berupa skor kemudian dikonversikan dalam bentuk presentase untuk mengetahui kelayakan atau validitas modul. Hasil Penelitian pengembangan Modul IPA Bercirikan CTL pada Materi Sifat Benda dan Perubahan Wujud Zat Siswa Kelas XI SMALB-C diperoleh skor rata-rata uji ahli materi sebesar 3,9 dengan kategori baik (B) dan presentase kelayakan 77,9% (cukup valid). Pada aspek desain media modul ini memperoleh skor 3,6 dengan kategoti baik (B) dan presentase kelayakan 71,4% (cukup valid). Sedangkan uji keterbacaan modul oleh siswa diperoleh bahwa modul dapat terbaca dengan baik dengan bimbingan dari guru.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAnwar, Adi DaenuriUNSPECIFIED
Thesis advisorFaqih, Muhammad IzzatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul pembelajaran; IPA; Tunagrahita; Contexual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Fisika
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:48
Last Modified: 22 Oct 2018 06:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8464

Actions (login required)

View Item View Item