Pelaksanaan bimbingan agama Islam untuk melatih kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an anak hiperaktif di MI Keji Ungaran Barat

Astuti, Astuti (2017) Pelaksanaan bimbingan agama Islam untuk melatih kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an anak hiperaktif di MI Keji Ungaran Barat. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
PDFsam_merge.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya problematika yang akan dihadapi dalam proses dakwah. Terutama persoalan yang berhubungan dengan sasaran dakwah (mad’u) dilihat dari segi khusus yaitu anak hiperaktif. Sejak zaman sahabat Rasulullah saw sampai kepada zaman kita, Al-Qur’an menjadi pokok utama materi dakwah. Mendakwahkan Al-Qur’an bisa dilakukan dengan memberikan teladan atau mengajarkan Al-Qur’an secara benar melalui proses bimbingan. Karena permasalahan yang dimiliki oleh anak hiperaktif begitu kompleks, untuk membimbing anak belajar Al-Qur’an dibutuhkan seorang pembimbing khusus untuk mendampinginya belajar. Sebagai rumusan masalah : Bagaimana pelaksanaan bimbingan agama Islam untuk melatih kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an anak hiperaktif di MI Keji Ungaran Barat? Bagaiamana faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan bimbingan agama Islam untuk melatih kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an anak hiperaktif di MI Keji Ungaran Barat? Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data primer adalah catatan hasil wawancara dari GPK, guru mata pelajaran Tahfidz, data sekunder adalah kepustakaan dan dari seluruh data terkait pelaksanaan bimbingan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi. dalam proses analisis data, menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil pembahasan menunjukan 1. Pelaksanaan bimbingan agama Islam untuk melatih kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an anak hiperaktif dilakukan oleh guru pembimbing khusus (GPK). Dilaksanakan pada jam mata pelajaran Tahfidz, untuk anak hiperaktif mendapatkan jam tambahan bimbingan diruang sumber. Pertama anak hiperaktif dibawa ke sebuah ruangan yang tidak banyak terdapat rangsangan yang bisa mengalihkan perhatiannya, anak didudukkan kemudian ditenangkan terlebih dahulu supaya bisa fokus. Setelah anak bisa tenang lebih lama, baru dimulai bimbingan sesuai dengan materi dan jadwal bimbingan yang sudah ada. Pada saat proses bimbingan berlangsung pembimbing memberikan perintah yang dilakukan secara tegas, cekatan karena kalau lama sedikit konsentrasi anak akan buyar dan dia mulai banyak gerak lagi dan asik dengan dunianya sendiri. Media yang digunakanpun adalah media pendukung yang sifatnya merangsang pikiran, perhatian dan kemampuan anak. 2. Faktor pendukung dan penghambatnya berasal dari pembimbing, anak hiperaktif, sarana prasarana serta orang tua anak hiperaktif. Pembimbing memiliki peran yang penting karena lebih mengetahui kondisi dan kemampuan belajar Al-Qur’an anak hiperaktif, yang menentukan berhasil tidaknya bimbingan. Hal ini juga didukung dengan adanya sarana prasarana yang cukup memadai dan menunjang sehingga anak mudah dalam memahami materi yang disampaikan. Faktor penghambat dari anak datang ketika anak tidak dapat mengikuti kegiatan bimbingan dengan baik terutama ketika anak sudah teralihkan perhatianya pada hal yang lain. Kolaborasi dengan orangtua pun masih menjadi kendala. Setelah anak dilatih kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an tidak ada follow up dari orang tua dirumah sehingga pembimbing selalu mengulang materi yang sudah diajarkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorIsmawati, IsmawatiUNSPECIFIED
Thesis advisorMurtadho, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama Islam; Anak hiperaktif; Baca tulis Al-Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 05 Nov 2018 00:45
Last Modified: 05 Nov 2018 00:45
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8491

Actions (login required)

View Item View Item