Bimbingan Islam dalam menanamkan perilaku keberagamaan pada anak tunalaras di Madrasah Ibtidaiyah Keji Ungaran Barat

Nurisani, Nila Afitri (2018) Bimbingan Islam dalam menanamkan perilaku keberagamaan pada anak tunalaras di Madrasah Ibtidaiyah Keji Ungaran Barat. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
PDFsam_merge.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya ketertarikan penulis melihat bimbingan Islam yang dilaksanakan pada anak berkebutuhan khusus terlebih pada anak tunalaras. Saat ini jumlah anak berkebutuhan khusus terus meningkat dan perlu keseriusan pemerintah untuk menanggulangi. Bukan hanya pemerintah yang harus turun tangan namun pendidikan, terutama pendidikan Islam disini bisa memberi kontribusi berupa bimbingan Islam. Dengan bimbingan Islam, tantrum anak berkurang dan anak cenderung bisa diarahkan. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada penulis untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai bagaimana perilaku keberagamaan anak tunalaras di MI Keji?, bagaimana bimbingan Islam dalam menanamkan perilaku keberagamaan pada anak tunalaras di MI Keji?, dan bagaimana fungsi bimbingan Islam dalam menanamkan perilaku keberagamaan pada anak tunalaras di MI Keji?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptiif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji kredibilitas data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah bimbingan Islam, perilaku keberagamaan, dan anak tunalaras. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perilaku keberagamaan anak tunalaras dalam kesehariannya belum menunjukkan kesesuaian dengan ajaran agama. Seperti ketika shalat masih bergurau, ketika murajaah juz 30 selalu mengabaikan, ketika dengan guru kurang sopan, dalam bergaul dengan teman-temannya belum menunjukkan perilaku prososial. Sehingga perlu adanya bimbingan secara khusus, terutama dengan bimbingan Islam. (2) Bimbingan Islam pada anak tunalaras di MI Keji dilakukan oleh GPK (Guru Pembimbing Khusus), guru tahfidz, dan wali kelas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, pelaksanaanya secara bersama-sama, klasikal dan individu dengan menggunakan metode x bimbingan secara langsung dan media yang digunakan untuk tahfidz dan tahsin adalah muri-Q. Program bimbingan Islam yang ada di MI Keji adalah penanaman sopan santun, tahfidz dan tahsin, shalat dhuha berjamaah, shalat dzuhur berjamaah, membaca asmaul husna setiap pagi, dan infaq jum’at. Evaluasi dibagi menjadi dua yaitu dilakukan seketika setelah pemberian bimbingan dan dengan diadakannya pertemuan semua guru untuk memonitoring program bimbingan. (3) Bimbingan Islam mempunyai empat fungsi, akan tetapi hanya ada dua fungsi yang sesuai yaitu fungsi pemahaman dengan memahami keadaan situasi dan kondisi yang dihadapi saat ini dan fungsi pengentasan dengan membantu anak tunalaras menemukan alternative pemecahan masalah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKhasanah, Yuli NurUNSPECIFIED
Thesis advisorMintarsih, WidayatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Perilaku keberagamaan; Anak tunalaras
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 05 Nov 2018 00:56
Last Modified: 05 Nov 2018 00:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8501

Actions (login required)

View Item View Item