Pelaksanaan bimbingan Islami dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia prasekolah di RA Al Muna Semarang

Atikah, Nurul (2017) Pelaksanaan bimbingan Islami dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia prasekolah di RA Al Muna Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
PDFsam_merge.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pelaksanaan Bimbingan Islami dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Prasekolah di RA Al Muna Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bimbingan islami supaya anak usia prasekolah mampu mengembangkan potensi yang dimiliki, mengenali diri sendiri dan mengatasi persoalan-persoalan dengan lingkungannya sehingga ia mampu bersosialisasi dengan baik. Fokus dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana kondisi kepercayaan diri pada anak usia prasekolah di RA Al Muna Semarang? (2). Bagaimana pelaksanaan Bimbingan Islami dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak usia prasekolah di RA Al Muna Semarang?. RA Al Muna Semarang merupakan fokus penelitian untuk mendapatkan gambaran yang berkaitan dengan pelaksanaan bimbingani islami dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak usia prasekolah di RA Al Muna Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas kelompok B orang tua peserta didik dan kepala sekolah di RA Al Muna Semarang. Metode analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini antara lain: Pertama, kondisi kepercayaan diri anak usia prasekolah di RA Al Muna berbeda-beda. Berdasarkan hasil temuan di lapangan kepercayaan diri anak usia prasekolah dapat dilihat melalui beberapa aspek berikut: independen (mandiri), mudah berkomunikasi dengan orang lain, berani menerima tugas atau tantangan baru, dan dapat mengekspresikan emosi dengan wajar. Sebagian besar anak usia prasekolah pada kelompok B di RA Al Muna Semarang masih terlihat belum mandiri, ditandai dengan anak yang sering meminta bantuan, bertanya terus menerus dan masih bergantung pada orang lain, pengucapan kalimat yang terbata-bata dan gugup ketika menjawab pertanyaan dari gurunya, belum berani . menerima tugas atau tantangan baru, dan yang masih banyak juga yang belum bisa mengekspresikan emosi dengan wajar. Kedua, Pelaksanaan bimbingan Islami pada anak usia prasekolah dapat dilihat dari berbagai aspek yaitu: Bentuk dan metode bimbingan islami. Bimbingan islami dilaksanakan dalam bentuk dan metode rangkaian kegiatan seperti, aktifitas kelompok, bermain peran, pemberian motivasi, fun game dan kegiatan gerak dan lagu. Materi yang disampaikan dalam bimbingan Islami yaitu tentang keimanan, ibadah, dan akhlak. Pada materi keimanan meliputi tentang mengenalkan rukun iman dan rukun islam lalu mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Materi tentang ibadah meliputi pengenalan solat dhuha dan manfaaatnya, menghafal bacaan-bacaan solat dan mempraktekannya, latihan berpuasa setengah hari. Materi tentang akhlak yang meliputi pengenalan tokoh-tokoh teladan dalam Islam, pengenalan sejarah umat Islam yang penuh dengan tokoh-tokoh agung dan kisah-kisah menarik yang menunjukkan keutamaan dan makna yang indah, pengenalan hukum yang jelas dan tentang halal haram, pengenalan kepada anak menutup aurat, berwudhu, hukum-hukum thaharah (bersuci) dan juga pengenalan hal-hal yang dilarang seperti dusta, adu domba, mencuri dan hal-hal yang diharamkan Allah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMahmudah, MahmudahUNSPECIFIED
Thesis advisorNurkhasanah, YuliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Kepercayaan diri; Anak Usia Prasekolah; Pendidikan anak usia dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 05 Nov 2018 00:58
Last Modified: 05 Nov 2018 00:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8503

Actions (login required)

View Item View Item