Evaluasi proses bimbingan agama Islam penyandang masalah kesejahteraan sosial di Balai Rehabilitasi Sosial Margo Widodo

Umam, Syaiful (2018) Evaluasi proses bimbingan agama Islam penyandang masalah kesejahteraan sosial di Balai Rehabilitasi Sosial Margo Widodo. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Memberikan Bimbingan Agama Islam kepada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial sangatlah penting dan merupakan kewajiban sebagai seorang pembimbing, agar PMKS bisa memahami, mengerti dan melakukan ibadah sesuai dengan ajaran Islam. Tidak semua orang perduli pada kondisi mereka, sebab mereka merupakan pengemis, gelandangan, orang terlantar, dan eks tuna laras terlantar). Kekurangan tersebut mengakibatkan pentingnya bimbingan agama Islam dan proses evaluasi supaya mereka mengetahui dan lebih meyakini tentang agama yang dianutnya. Islam sangat menganjurkan untuk membantu dan memberikan bimbingan agama bagi ummat yang membutuhkan bantuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bimbingan agama Islam bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial, serta mengevaluasi proses bimbingan agama Islam di Balai Rehabilitasi Sosial Margo Widodo Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari sumber data yang diperoleh dari lapangan. Adapun uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisa miles dan huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu 1.) data redukctional 2.) data display (penyajian data) 3). Conclusion drawing dan verification. Hasil dari penelitian ini pertama, pelaksanaan bimbingan agama Islam penyandang masalah kesejahteraan sosial dilaksanakan oleh pembimbing pada hari rabu dan kamis , pelaksanaan bimbingan ini menggunakan metode individual karena didalam metode ini pembimbing melakukan komunikasi langsung secara individu dengan pihak yang dibimbingnya, kemudian menggunakan metode kelompok, dalam metode ini pembimbing melakukan komunikasi langsug dengan penerima manfaat dalam kelompok. Selain metode juga menggunakan materi, materi bimbingan agama Islam meliputi akidah, syari’ah dan akhlaq. Tujuannya agar penerima manfaat bias terpenuhi kesejahteraan hidupnya. Kedua, evaluasi proses bimbingan agama Islam meliputi prosedur pelaksanaan evaluasi proses yang bisa menentukan tujuan evaluasi proses, karena tujuan ini merupakan hal yang sangat penting. Kemudian menentukan kriteria evaluasi, sebuah program akan dikatakan berhasil dan sukses apabila memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Selain itu memilih desain evaluasi, karena desain evaluasi program merupakan suatu rencana yang menunjukkan bila evaluasi akan diadakan, dari siapa evaluasi atau informasi akan dikumpulkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMurtadho, AliUNSPECIFIED
Thesis advisorMintarsih, WidayatUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama Islam; Kesejahteraan sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 06 Nov 2018 01:30
Last Modified: 06 Nov 2018 01:30
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8514

Actions (login required)

View Item View Item