Peran guru pembimbing khusus dalam menanamkan nilai-nilai akhlâq karîmah pada anak berkebutuhan khusus di kelas III MI Keji Ungaran

Wahidaturrohmah, Wahidaturrohmah (2018) Peran guru pembimbing khusus dalam menanamkan nilai-nilai akhlâq karîmah pada anak berkebutuhan khusus di kelas III MI Keji Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya problematika yang akan dihadapi dalam proses dakwah. Saat ini tidak banyak masyarakat yang mengetahui bahwa anak berkebutuhan khusus adalah salah satu sasaran dakwah. Anak berkebutuhan khusus di MI Keji, Ungaran sering berkata-kata kotor, memeluk dan kurang disiplin. Guru pembimbing khusus sebagai seorang da’i yang menyampaikan dakwahnya kepada anak berkebutuhan khusus melalui bimbingan keagamaan yang ada di MI Keji, Ungaran. Perlunya bimbingan keagamaan untuk anak berkebutuhan khusus karena anak berkebutuhan khusus di kelas III MI Keji, Ungaran memiliki tingkah laku yang kurang baik, sehingga perlu diarahkan menjadi lebih baik. Oleh karena itu peran guru pembimbing khusus sebagai seorang da’i sangat berperan untuk menanamkan nilai-nilai akhlâq karîmah pada anak berkebutuhan khusus di kelas III MI Keji, Ungaran. Rumusan masalahnya adalah: bagaimana bentuk peran guru pembimbing khusus di MI Keji, Ungaran dan bagaimana pelaksanaan penanamkan nilai-nilai akhlâq karîmah pada anak berkebutuhan khusus di kelas III MI Keji, Ungaran. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data primer adalah guru pembimbing khusus, data sekunder adalah guru kelas dan kepala sekolah, kepustakaan dan hasil observasi. Teknik pengumpuan datayang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi. Analisi data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa bentuk peran guru pembimbing khusus di MI Keji, Ungaran yaitu sebagai pembimbing, fasilitator, mediator, motivator dan pendamping, dengan cara mengajak, melatih, memotivasi, membimbing dan menjadi teladan yang baik, serta memberikan fasilitas dan prasarana sesuai kebutuhan anak berkebutuhan khusus di kelas III MI Keji, Ungaran. Pelaksanaan penanamkan nilai-nilai akhlâq karîmah pada anak berkebutuhan khusus di kelas III MI Keji, Ungaran yaitu dengan pemahaman, pembiasaan, dan teladan yang baik (uswah khasanah). Guru pembimbing khusus memberikan materi ruang lingkup akhlak yaitu akhlak terhadap Allah atau agama, akhlak terhadap sesama manusia yaitu meliputi akhlak terhadap diri sendiri, orang tua, dan orang disekitar, dan akhlak terhadap alam.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKibtiyah, MaryatulUNSPECIFIED
Thesis advisorNurkhasanah, YuliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru pembimbing khusus; Akhlâq karîmah; Anak berkebutuhan khusus
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 06 Nov 2018 01:33
Last Modified: 06 Nov 2018 01:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8516

Actions (login required)

View Item View Item