Upaya mengurangi kenakalan siswa melalui pembiasaan sholat dhuha di MTs NU 31 Hidayatul Mubtadi’in Kendal

Fahmi, Rifqi Hulli (2018) Upaya mengurangi kenakalan siswa melalui pembiasaan sholat dhuha di MTs NU 31 Hidayatul Mubtadi’in Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kenakalan siswa adalah salah satu yang masih menjadi polemik dalam dunia pendidikan. Lembaga pendidikan (sekolah) mempunyai beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satu yang dilakukan di MTs NU 31 Hidayatul Mubtadi’in Kendal adalah dengan adanya program unggulan sekolah yaitu sholat dhuha berjamaah sebagai salah satu upaya dalam mengurangi kenakalan siswa di MTs NU 31 Hidayatul Mubtadi’in Kendal. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk kenakalan siswa yang terjadi di MTs NU 31 Hidayatul Mubtadi’in Kendal, bagaimana kegiatan sholat dhuha di MTs NU 31 Hidayatul Mubtadi’in Kendal dan bagaimana upaya mengurangi kenakalan siswa melalui pembiasaan sholat dhuha di MTs NU 31 Hidayatul Mubtadi’in Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat penelitian di MTs NU 31 Hidayatul Mubtadi’in Kendal. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru BK serta siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan berat ringannya kenakalan yang terjadi di MTs NU 31 Hidayatul Mubtadi’in Kendal tergolong kategori kenakalan ringan dan sedang. Kegiatan sholat dhuha berjamaah merupakan salah satu program unggulan di MTs NU 31 Hidayatul Mubtadi’in Kendal yang dilaksanakan sebelum jam pelajaran dimulai, yaitu pukul 07:00 – 07:30 WIB. Kegiatan ini dimulai dengan membaca asmaul husan, sholat dhuha 2 rakaat, doa dan ditutup dengan ceramah singkat dari guru yang bertugas. Adanya sholat dhuha berjamaah ini menjadikan siswa lebih disiplin terutama dalam jam berangkat sekolah, peserta didik menjadi lebih awal berangkat sekolah. Selain itu untuk upaya mengurangi kenakalan siswa dan untuk terlaksananya sholat dhuha dengan baik, pihak sekolah mendukung kegiatan ini dengan membentuk jadwal imam dan pendamping sholat dhuha, jadi semua pihak ikut terlibat dalam terlaksananya sholat dhuha berjamaah di MTs NU 31 Hidayatul Mubtadi’in Kendal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSholihan, SholihanUNSPECIFIED
Thesis advisorRiyadi, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kenakalan siswa; Shalat dhuha
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 06 Nov 2018 01:53
Last Modified: 06 Nov 2018 01:53
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8529

Actions (login required)

View Item View Item