Komodifikasi jilbab dalam film Hijab karya Hanung Bramantyo

Kistiniyah, Auliya (2018) Komodifikasi jilbab dalam film Hijab karya Hanung Bramantyo. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Komodifikasi merupakan bentuk transformasi dari hubungan yang awalnya terbebas dari hal-hal yang sifatnya diperdagangkan, menjadi hubungan yang sifatnya komersil. Tidak sedikit pula agama menjadi sarana dalam mewujudkan komodifikasi secara cepat terhadap masyarakat. Jilbab sebagai identitas seorang muslimah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Selain model jilbab yang semakin beragam, minat seseorang untuk berjilbab pun semakin meningkat. Tidak sedikit jilbab beralih fungsi menjadi sarana pemasaran melalui media massa terutama film. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimana komodifikasi jilbab dalam film Hijab karya Hanung Bramantyo.Penelitian terhadap film Hijab bertujuan untuk mengetahui secara mendetail komodifikasi jilbab dengan cara mengidentifikasi tanda-tanda dalam cerita yang tersaji dengan melakukan klasifikasi jenis tanda berdasarkan objeknya yaitu ikon, indeks, dan simbol. Kemudian diberikan pemaknaan atas tanda-tanda tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif (memahami objek yang diteliti secara mendalam) dengan memakai pendekatan semiotik Charles Sanders Peirce.Hasil penelitian menunjukkan adanya komodifikasi jilbab yang tergambar dalam tanda-tanda. Dalam hal ini film Hijab menunjukkan adanya komodifikasi isi atau konten. Film Hijab karya Hanung Bramantyo menjadikan jilbab sebagai sebuah nilai jual (komoditas) dan kepentingan tertentu untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Hal tersebut terlihat dari hadirnya artis yang berjilbab Zaskia Adya Mecca dan produk jilbabnya “Meccanism”. Zaskia Adya Mecca dan produk jilbabnya “Meccanism” digunakan sebagai salah satu strategi untuk mendapatkan kepercayaan dan ketertarikan penonton. Selain itu film tersebut juga digunakan sebagai sarana bagi produk jilbab Meccanism untuk menaikkan penjualan produk jilbabnya melalui media massa. Dalam film Hijab tersebut, jilbab dimaknai sebagai sebuah bisnis yang sangat menguntungkan dan menjadi tren dalam masyarakat. Hal inilah yang menjadi komoditas seperti dikatakan Mosco tentang adanya pengalihan fungsi guna menjadi fungsi jual yang berwujud kapitalis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorBaroroh, UmmulUNSPECIFIED
Thesis advisorAbdullah, Asep DadangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi; Jilbab; Hijab; Film
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 646 Sewing, clothing, personal living
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Nov 2018 01:15
Last Modified: 14 Nov 2018 01:15
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8564

Actions (login required)

View Item View Item