Analisis Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Menggunakan Metode Discovery-Inquiry di MAN 1 Semarang

Wahyudin, Taslim (2013) Analisis Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Menggunakan Metode Discovery-Inquiry di MAN 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083711040_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083711040_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 083711040_Bab1.pdf]
Preview
Text
083711040_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 083711040_Bab2.pdf]
Preview
Text
083711040_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 083711040_Bab3.pdf]
Preview
Text
083711040_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 083711040_Bab4.pdf]
Preview
Text
083711040_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 083711040_Bab5.pdf]
Preview
Text
083711040_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 083711040_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083711040_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep siswa kelas XI pada pembelajaran hidrolisis garam dengan menggunakan metode discovery-inquiry di MAN 1 Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 MAN 1 Semarang yang berlokasi di Jl. Brigjen S. Sudiarto Semarang dengan jumlah peserta didik 31 orang. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 15 Maret 2013 sampai dengan 28 Maret 2013.
Fokus penelitian pada penelitian ini adalah analisis penguasaan konsep siswa kelas XI pada materi hidrolisis garam dengan metode discovery-inquiry. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam sedangkan metode wawancara digunakan untuk memperoleh data pendukung.
Penilaian yang digunakan untuk menganalisis penguasaan konsep adalah dengan tes soal pilihan ganda model two-tier. Terdapat enam kategori penguasaan konsep, yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang, sangat kurang dan tidak memiliki penguasaan konsep. Sedangkan peningkatan penguasaan konsep siswa didapatkan dari gain ternormalisasi pada hasil belajar pretes dan postes.
Pada pretes, didapatkan hasil sebanyak 90,32 % dari siswa tidak memiliki penguasaan konsep materi hidrolisis garam dan 9,68% memiliki penguasaan konsep sangat kurang. Sedangkan untuk postes didapatkan hasil sebanyak 22,58% memiliki penguasaan konsep sangat kurang, 9,03% memiliki penguasaan konsep kurang, 32,26% memiliki penguasaan konsep cukup, 3,22% memiliki penguasaan konsep baik dan 12,90% memiliki penguasaan konsep sangat baik. Berdasarkan peningkatan penguasaan konsepnya 70,96% dari siswa memiliki peningkatan penguasaan konsep rendah, 16,13% peningkatan penguasaan konsepnya sedang dan 12,91% dengan peningkatan penguasaan konsep yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Hidrolisis Garam; Metode Discovery-Inquiry
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 13 Dec 2013 04:07
Last Modified: 13 Dec 2013 04:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics