Manajemen pelayanan dalam meningkatkan kualitas kesehatan jamaah haji di Dinas Kesehatan Kabupaten Demak tahun 2016

Maharani, Silvy Shofa (2018) Manajemen pelayanan dalam meningkatkan kualitas kesehatan jamaah haji di Dinas Kesehatan Kabupaten Demak tahun 2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen pelayanan dalam meningkatkan kualitas kesehatan jamaah haji di Dinas Kesehatan Kabupaten Demak tahun 2016. Yang melatar belakangi penelitian ini yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Demak merupakan organisasi yang ditunjuk oleh Kementrian Kesehatan Untuk memeriksa kesehatan jamaah haji, baik pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan mental. Mengingat kondisi lingkungan, iklim dan cuaca dan juga makanan yang ada di Indonesia dan juga di Arab Saudi sangatlah berbeda sehingga dengan adanya pemeriksaan diharapkan nantinya jamaah haji tidak kaget dengan perubahan yang ada disana. Untuk selalu dapat meningkatkan penyelenggaraan ibadah haji Pelayanan juga tentunya melibatkan manajemen sebagai pendorong dan pengamat agar mekanisme mengarah pada tujuan dan sasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengetahui upaya manajemen pelayanan dalam meningkatkan kualitas kesehatan jamaah haji di Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Tahun 2016. b) memperoleh gambaran mengenai faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan manajemen pelayanan dalam meningkatkan kualitas kesehatan jamaah haji di Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan menggunakan: 1) Obeservasi, 2) Dokumentasi, 3) Wawancara. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan oleh manajemen perusahaan atau organisasi yang sistematis dan dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut. Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai faktor yang dijadikan masukan dan kemudian masukan tersebut dikelompokkan seuai kontribusinya masing-masing. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pelayanan dalam meningkatkan kualitas kesehatan jamaah haji di Dinas Kesehatan Kabupaten Demak belum bisa dikatakan pelayanan yang sempurna, namun dibalik kesempurnaan itu adanya anggota dan tim pemeriksa yang berusaha dan bekerja semaksimal mungkin untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam usahanya memberikan pelayanan kesehatan jamaah haji Dinas Kesehatan Kabupaten Demak menerapkan fungsi-fungsi manajemen yang meliputi: pertama, menentukan perencanaan yaitu menyusun struktur organisasi yang bekerja dalam kegiatan tersebut, menyusun program kerja Dinas Kesehatan Kabupaten beserta puskesmas yang terlibat, perkiraan dan perhitungan masa depan, penetapan dan perumusan sasaran, penetapan kebijakan, serta penetapan dan penjadwalan waktu. Kedua, melakukan pengorganisasian yaitu dengan membentuk susunan organisasi yng didalamnya ada pembagian tugas dan juga pembentukan susunan organisasi dari pihak puskesmas. Ketiga, mengadakan penggerakan yaitu dengan melakukan pemeriksaan kesehatan pada jamaah haji, melakukan pengamatan penyakit pada jamaah haji dan melakukan pencatatan dan pelaporan. Keempat, menjalankan pengawasan yakni dengan menentukan standar sebagai ukuran pengawasan, menentukan pengukura pelaksanaan secara tepat, membandingkan pelaksanaan dengan standar yang telah ditetapkan dan melakukan tindakan koreksi jika ada penyimpangan dalam proses kegiatan. Faktor penghambat dan pendukung manajemen pelayanan dalam meningkatkan kualitas kesehatan jamaah haji di Dinas Kesehatan Kabuaten Demak Tahun 2016. Faktor penghambatnya di Dinas Kesehatan Kabupaten Demak meliputi kurangnya petugas kesehatan dan sarana prasarana untuk pemeriksaan kesehatan jamaah haji, banyaknya jamaah haji yang berumur 60 tahun keatas atau lansia dan jamaah haji mandiri yang berada di perantauan. Untuk mengatasi kekurangan dari faktor penghambat ini yakni pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Demak bekerja secara kompak dan teliti sehingga semua kegiatan berjalan dengan baik. Sedangkan faktor pendukung di Dinas Kesehatan Kabupaten Demak meliputi letaknya strategis untuk dijangkau jamaah haji, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Demak yang mendatangi secara langsung pemeriksaan kesehatan jamaah haji dan juga ketelitian dan keramahan dalam melayani jamaah haji.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorCholiq, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorKusmanto, Thohir YuliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen pelayanan; Dinas Kesehatan; Jamaah Haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 19 Nov 2018 09:42
Last Modified: 19 Nov 2018 09:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8590

Actions (login required)

View Item View Item