Strategi pemasaran PT Patuna Mekar Jaya perwakilan Semarang dalam pengembangan bisnis wisata religi

Munawaroh, Ida (2018) Strategi pemasaran PT Patuna Mekar Jaya perwakilan Semarang dalam pengembangan bisnis wisata religi. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img] Text
Ida Munawaroh___131311096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran banyak digunakan oleh lembaga-lembaga untuk memasarkan produknya agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Dalam memasarkan ada strategi-strategi khusus yang dimiliki oleh perusahaan supaya pemasaran yang dilakukan dapat mencapai hasil yang maksimal. PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang mempunyai banyak produk salah satunya adalah umroh lanjutan dan wisata religi yang membutuhkan strategi pemasaran agar produk tersebut dapat dikenal oleh seluruh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran PT Patuna Tour and Travel Semarang dalam pengembangan bisnis wisata religi (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang dalam pengembangan bisnis wisata religi. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang. Data-data dalam penelitian berupa data-data kualitatif yang berupa data primer dan sekunder. Data-data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan teknik induktif untuk mengetahui jawaban atas pokok permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang adalah 4P (marketing mix) dalam memasarkan produk layanan jasanya. Dalam strategi pemasaran produk PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang: Tour Wisata religi/muslim, haji khusus, umroh, tiket penerbangan dalam dan luar negeri, provider VISA. Strategi harga : PT Patuna menetapkan harga yang bersaing, dengan menawarkan berbagai paket, mulai dari paket termahal sampai dengan yang ekonomis. Strategi tempat, kantor PT Patuna Mekar Jaya Semarang berada di ruko kompleks perumahan Villa Ngaliyan Permai, Semarang Barat. Strategi promosi yaitu melalui billboard, majalah, iklan tv, visit corporate, pameran, brosur, website, serta media sosial. (2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang dalam pengembangan bisnis wisata religi. Faktor yang mendukung ialah resmi terdaftar sebagai penyelenggara Umroh dan Haji Khusus, PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan bergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Haji Umroh dan In Bound (ASPHURINDO), produk dan program yang berkualitas serta bervariatif, tanggal keberangkatan yang pasti, pendaftaran fleksibel, dapat dilakukan kapan saja dan bisa melalui media website, telepon, atau datang langsung ke kantor, menggunakan transpotrasi berkelas dan variatif, Hotel berstandar internasional dan lokasi hotel dekat dengan Masjidil Haram, Tingkat promosi yang relatif tinggi, PT Patuna Mekar Jaya memiliki banyak kantor cabang di seluruh Indonesia. Adapun faktor penghambatnya ialah banyaknya biro yang bermunculan baik yang baru maupun yang lama, banyak umroh yang menjual harga murah, Sistem pembayaran dengan dollar, sehingga tidak dapat dipastikan harga paket karena mengikuti kurs dollar yang selalu berubah, lokasi yang kurang strategis sehingga ada masyarakat dari daerah lain yang tidak mengetahui lokasi kantor PT Patuna Mekar Jaya Perwakilan Semarang, belum memenuhi kuota keberangkatan, jadi keberangkatan wisata religi akan terlaksana jika kuota sudah memenuhi minimal 15 jamaah, Kurang maksimalnya promosi wisata religi yang dilakukan oleh PT Patuna karena masih fokus untuk mengembangkan bisnis umroh dan haji khusus.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSusanto, DedyUNSPECIFIED
Thesis advisorRiyadi, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Wisata religi
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
900 Geography and history > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 22 Nov 2018 05:36
Last Modified: 22 Nov 2018 05:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8602

Actions (login required)

View Item View Item