Implementasi fungsi actuating dalam pelayanan jamaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Brebes tahun 2017

Fatmah, Umi (2018) Implementasi fungsi actuating dalam pelayanan jamaah haji di Kementerian Agama Kabupaten Brebes tahun 2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Umi Fatmah (131311116) dengan judul Implementasi Fungsi Actuating dalam Pelayanan Jamaah Haji Di Kementerian Agama Kabupaten Brebes Tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi fungsi actuating dalam pelayanan ibadah haji di Kementerian Agama kabupaten Brebes serta faktor pendukung dan penghambat implementasi fungsi actuating dalam pelayanan jamaah haji di Kementerian Agama kabupaten Brebes tahun 2017. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi yang dilakukan untuk mengamati hal yang berkaitan implementasi fungsi actuating dalam pelayanan ibadah haji di kementerian agama kabupaten brebes, dokumentasi berupa catatan, buku, brosur, dan surat kabar, serta wawancara dengan Kasi PHU, staf dan beberapa jamaah yang pernah menggunakan jasa perjalanan ibadah haji kementerian agama. Hasil penelitian menunjukan bahwa kementerian agama menerapkan fungsi Actuating dalam pelayanan jamaah haji dengan baik, hal itu di tandai dengan: pertama, kemudahan pengurusan kepentingan dalam pelayanan, kedua, mendapatkan pelayanan wajar; ketiga, mendapatkan perlakuan yang sama tanpa pilih kasih; keempat, mendapatkan perlakuan yang jujur dan terus terang. Implementasi di dukung dengan beberapa faktor yaitu adanya koordinasi yang rapi dan mapan dengan pihak atau instansi terkait sehingga mempermudah kelancaran pelaksanaan pelayanan ibadah haji , adanya keramahan dari petugas yang melayani para calon jamaah haji sehingga ada hubungan yang harmonis, sistem pelayanan pada jamaah yang teratur dan sistematis, tersedianya tempat pelayanan dengan adanya haji satu atap untuk kemudahan layanan, tersedianya BPS di dalam gedung satu atap yang memudahkan jamaah untuk mengefiensi waktu, tenaga dan biaya, fasilitas jaringan yang mendukung terselenggaranya jaringan dengan SISKOHAT, memberikan materi secara langsung lewat praktik manasik haji dengan mengerti tempat-tempat seperti berhentinya di Arafah, bermalam di Musdzalifah, mengelilngi Ka’bah, mengenal apa itu bukit Shofa dan Marwa, Sa’i, Thawaf kemudian melempar jumrah. Sedangkan factor penghambat adalah Tidak sedikit calon jamaah haji yang berpendidikan rendah sehingga membuat beberapa jamaah kesulitan memahami materi-materi yang di sampaikan oleh pembimbing, kurangnya transportasi untuk kendaraan operasional dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Secara keseluruhan proses actuating pelayanan ibadah haji di kementerian agama kabupaten Brebes dapat terlaksana dengan baik, meskipun terjadi beberapa kendala dalam proses pelayanan kepada jamaah haji kabupaten Brebes. Namun semua itu dapat diatasi dengan baik melalui kerjasama antara lembaga yang terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pelayanan; Actuating; Jamaah haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 28 Nov 2018 02:25
Last Modified: 28 Nov 2018 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8615

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics