Efektivitas media pembelajaran berbentuk lagu sains dilengkapi metode tebak kata pada materi sistem indra pendengaran manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2016/2017

Rohmah, Utiya Nur (2018) Efektivitas media pembelajaran berbentuk lagu sains dilengkapi metode tebak kata pada materi sistem indra pendengaran manusia terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu kurang semangatnya siswa dalam mengikuti pelajaran biologi sehingga berpengaruh terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari hasil pra riset, bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas XI IPA pelajaran biologi materi sistem indra pendengaran manusia hanya 70%, sedangkan nilai KKM yang ditetapkan untuk mata pelajaran biologi di MA NU 03 Sunan Katong yaitu 75. Oleh karena itu, kreativitas guru untuk menjadikan siswa mampu memahami setiap pelajaran yang diajarkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media Lagu Sains pada materi sistem indra pendengaran manusia yang dilengkapi dengan metode tebak kata sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA NU Sunan Katong Kaliwungu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah true experimental dengan design posttest-only control design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dari sampel atau disebut sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, metode dokumentasi dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen (uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda), uji tahap awal (uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata) dn uji taha akhur atau uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 83,55 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 77,37. Kemudian dilakukan perhitungan uji t-test untuk membuktikan hipotesis pada hasil posttest kedua kelas tersebut dan didapatkan hasil thitung = 4,908 dan ttabel = 1,666. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adanya pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbentuk Lagu Sains yang dilengkapi dengan metode tebak kata pada materi sistem indra pendengaran manusia efektif terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Tahun Pelajaran 2016/2017.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIED
Thesis advisorHidayat, SaifullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Lagu sains; Tebak kata; Hasil belajar; Sistem indra pendengaran manusia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 28 Nov 2018 02:58
Last Modified: 28 Nov 2018 02:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8625

Actions (login required)

View Item View Item