Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media kartu bergambar terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA terpadu materi sistem peredaran darah siswa di SMP N 3 Kendal

Kurniawati, Lilik (2018) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media kartu bergambar terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA terpadu materi sistem peredaran darah siswa di SMP N 3 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran IPA Terpadu siswa kelas VIII di SMP N 3 Kendal cenderung pasif, sikap ilmiah belum terlihat maksimal, proses pembelajaran menggunakan model konvensional dengan metode ceramah. Hal tersebut berpengaruh terhadap peran siswa menemukan pengetahuan dan hasil belajar kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media kartu bergambar terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA Terpadu di SMP N 3 Kendal Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu desain pretest-posttest control group dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang terdiri dari kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner/ angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis data awal (analisis hasil tryout sikap ilmiah dan analisis hasil tryout soal tes), analisis data lanjut (uji normalitas dan uji homogenitas) dan analisis data akhir (uji persamaan dua rata- rata, uji hipotesis dan analisis normal gain). Uji hipotesis sikap ilmiah menunjukkan nilai signifikansi α= 5% dengan dk = 34 + 34 - 2 = 66 diperoleh t(0,05)(66) = 2,00 dan thitung = 5,22, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Persentase normal gain kelas eksperimen sebesar 0,408 kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,132 kategori rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media kartu bergambar berpengaruh terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa. Uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan nilai signifikansi α= 5% dengan dk = 34 + 34 - 2 = 66 diperoleh t(0,05)(66) = 2,00 dan thitung = 4,21 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Persentase normal gain kelas eksperimen sebesar 0,671 kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,584 kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing dengan media kartu bergambar memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKhoiri, NurUNSPECIFIED
Thesis advisorHidayat, SaifullahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran inkuiri terbimbing; Sistem peredaran darah; Hasil belajar; Sikap ilmiah; Kartu bergambar; Media pembelajaran; IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Nov 2018 07:34
Last Modified: 30 Nov 2018 07:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8630

Actions (login required)

View Item View Item