Studi komparasi metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jigsaw terhadap hasil belajar biologi materi virus sub bab ciri, struktur, dan klasifikasi virus kelas X MA Al Ahrom Karangsari tahun pelajaran 2017/2018

Aini, Nur (2018) Studi komparasi metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jigsaw terhadap hasil belajar biologi materi virus sub bab ciri, struktur, dan klasifikasi virus kelas X MA Al Ahrom Karangsari tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran ceramah yang masih digunakan dalam proses Penggunaan metode pembelajaran ceramah yang masih digunakan dalam proses pembelajaran pada K-13 dirasa kurang tepat karena siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran dan mengakibatkan hasil belajar siswa masih banyak di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran metode kooperatif tipe STAD dengan Jigsaw. Materi yang digunakan adalah virus dengan sub bab ciri, struktur, dan klasifikasi virus dan dilaksanakan di MA Al Ahrom Karangsari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian Quasi Experimental Design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA MA Al Ahrom Karangsari. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan total sampel sebanyak 70 siswa. Sampel terbagi atas 3 kelas yaitu kelas eksperimen I, kelas eksperimen II, dan kelas Kontrol. Hasil perhitungan data pretest menggunakan teknik One Way Anova diperoleh nilai Fhitung ≤ Ftabel [0,984 ≤ 2,74] membuktikan bahwa ketiga kelas tidak memiliki perbedaan yang signifikan sebelum diberi perlakuan. Sedangkan hasil perhitungan data posttest juga menggunakan teknik One Way Anova diperoleh nilai Fhitung ≥ Ftabel [40,933 ≥ 2,74] membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelas setelah diberi perlakuan. Hasil uji t-test terhadap data posttest kelas eksperimen I (STAD) dan kelas eksperimen II (Jigsaw) diperoleh nilai thitung ≥ ttabel [4,196 ≥ 2,074] membuktikan bahwa hasil belajar antara kedua kelas tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorKhoiri, NurUNSPECIFIED
Thesis advisorHariz, Anif RizqiantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; Metode pembelajaran; STAD; Jigsaw; Hasil belajar; Pembelajaran biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 30 Nov 2018 07:32
Last Modified: 30 Nov 2018 07:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8631

Actions (login required)

View Item View Item