Efektivitas model pembelajaran Think Pair Square (TPSq) terhadap penalaran matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Darul Ulum Srikandang Jepara tahun pelajaran 2017/2018

Setyawan, Andy (2018) Efektivitas model pembelajaran Think Pair Square (TPSq) terhadap penalaran matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Darul Ulum Srikandang Jepara tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di MTs Darul Ulum Srikandang Jepara pada kelas VIII yaitu kemampuan penalaran siswa yang masih lemah, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa mengalami kesulitan dalam belajar materi matematika yang ada salah satunya materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dikarenakan siswa malas mengerjakan latihan soal-soal, siswa masih merasa bingung dalam membuat model matematika dari suatu permasalahan, kesalahan siswa dalam melakukan oprasi hitung matematika. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Think Pair Square (TPSq)terhadap penalaran matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Darul Ulum Srikandang Jepara tahun pelajaran 2017/2018. Peneletian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan tipe Postest only control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini model pembelajaran TPSq sedangkan variabel terikat penilitian adalah kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Srikandang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan 3 metode. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data umum sekolah dan data siswa. Metode wawancara digunakan untuk menghimpun keadaan dan permasalahan siswa. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Data penelitian yang telah terkumpul, dianalisis menggunakan teknik analisis parametik. Berdasarkan data hasil penelitian yang berupa postest kelas kontrol dan eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t Berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf 5% diperoleh t hitung Karena thitung = 2 > t tabel = = 2 sedangkan ttabel = berarti kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Square lebih tinggi dibanding siswa yang menggunakan model konvesioanal, hal ini dapat dilihat dari hasil test menunjukan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata–rata 72,37 dan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 60,10. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajran Think Pair Square efektif terhadap kemampuan penalaran metematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Darul Darul Ulum Srikandang Jepara.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMaslihah, SitiUNSPECIFIED
Thesis advisorNisa, Eva KhoirunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Think Pair Square (TPSq); Penalaran matematis; Persamaan linear dua variabel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Dec 2018 08:06
Last Modified: 05 Dec 2018 08:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8649

Actions (login required)

View Item View Item