Peningkatan Prestasi Belajar pada Aspek Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI Materi Pokok Keperwiraan Nabi Muhammad SAW melalui Model Small Group Discussion Kelas V MI Nurussibyan Randugarut Tugu Semarang Tahun Ajaran 2012/2013

Dewi, Ika Septi Andan (2013) Peningkatan Prestasi Belajar pada Aspek Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI Materi Pokok Keperwiraan Nabi Muhammad SAW melalui Model Small Group Discussion Kelas V MI Nurussibyan Randugarut Tugu Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911006_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911006_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911006_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911006_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911006_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911006_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911006_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911006_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendiskripsikan dan menganalisa tentang penerapan model small group discussion pada peserta didik kelas V MI Nurussibyan Randugarut Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. (2) Mendiskripsikan dan menganalisa tentang model small group discussion guna meningkatkan prestasi belajar pada aspek kognitif peserta didik pada materi pokok keperwiraan Nabi Muhammad SAW kelas V MI Nurussibyan Randugarut Tugu Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas V MI Nurussibyan Randugarut Tugu Semarang. Dalam penerapannya melalui 3 siklus, yaitu prasiklus, siklus I dan II, dan setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada kondisi awal prasiklus sebelum diterapkannya model small group discussion, prestasi belajar peserta didik yaitu rata-rata hasil belajarnya sebesar 66,92 dengan ketuntasan belajar sebesar 53,84%. Setelah dilaksanakan model small group discussion hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I, prosentasi rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 70,77 dengan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 76,92%. Pada siklus II, prosentasi rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 78,84 dengan ketuntasan belajar sebesar 92,30%. Dari data tersebut, jelas bahwa ada peningkatan prestasi belajar dari sebelum diterapkannya model small group discussion dengan setelah model small group discussion diterapkan. Namun dari penelitian ini masih terdapat peserta didik yang dari siklus pertama dan kedua mempunyai nilai dibawah indikator keberhasilan. Hal ini disebabkan karena daya ingat peserta didik yang lemah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model small group discussion dapat meningkatkan prestasi belajar pada aspek kognitif peserta didik kelas V khususnya pada materi pokok keperwiraan Nabi Muhammad SAW di MI Nurussibyan Randugarut Tugu Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Aspek Kognitif; Sejarah Kebudayaan Islam; Small Group Discussion
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.63 Muhammad the Prophet
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 13 Dec 2013 04:18
Last Modified: 13 Dec 2013 04:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item