Peran kepala madrasah dalam pengelolaan program literasi di MI Negeri kota Semarang dan MI Darul Ulum Wates, Ngaliyan, Semarang

Hanifah, Ummu (2018) Peran kepala madrasah dalam pengelolaan program literasi di MI Negeri kota Semarang dan MI Darul Ulum Wates, Ngaliyan, Semarang. Masters thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
TESIS FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya budaya literasi masyarakat Indonesia. Langkah nyata untuk membangun budaya baca sejak dini adalah sebuah program yang dapat memotivasi siswa untuk membaca. Madrasah sebagai lingkungan belajar formal berperan penting dalam mewujudkan komunitas pembaca. Kepala madrasah memiliki posisi strategis dalam pengelolaan setiap program pengembangan di madrasah. Maka dari itu peran kepala madrasah sangat penting demi mewujudkan pengelolaan program literasi yang efektif di madrasah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pengelolaan program literasi di MIN Kota Semarang dan MI Darul Ulum, Wates, Ngaliyan, Semarang? (2) Bagaimana peran kepala madrasah dalam pengelolaan program literasi di MIN Kota Semarang dan MI Darul Ulum, Wates, Ngaliyan, Semarang?. Penelitian ini adalah penelitan kualitatif lapangan. Datanya diperolah melalui metode observasi nonpartisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan studi kasus jenis multi situs dan analisis deskriptif melalui dua tahap yakni analisis data situs tunggal kemudian analisis data lintas situs. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan program literasi di MIN Kota Semarang dan MI Darul Ulum Wates secara umum dijalankan dengan penerapan fungsi-fungsi manajerial mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Perbedaan di kedua situs adalah MIN lebih intensif pada perencanaan program, dengan variasi programnya yang rutin setiap hari sehingga menjadikan MIN disebut sebagai madrasah literasi, namun karena kurangnya pengurus membuat MIN kurang fokus pada pelaksanaannya. Sedangkan di MI DU hanya memiliki sedikit program dan tidak intensif dilaksanakan setiap hari, namun MI DU memiliki tenaga pengelola khusus di perpustakaan sehingga dalam pelaksanaannya dapat lebih fokus. Meskipun memiliki perbedaan, kedua situs berhasil meningkatkan minat baca peserta didiknya yang terbukti dengan hasil yang dicapai berupa buku resume siswa, mading, cergam maupun buletin. (2) Peran Kepala dalam pengelolaan program literasi di MIN Kota Semarang dan MI Darul Ulum meliputi sepuluh peran yakni sebagai wakil, pemimpin, penghubung, monitor, penyebar informasi, juru bicara, pelopor, pengentas kendala, pengalokasi sumber daya, dan perunding. Perbedaan di kedua situs adalah Kepala MIN lebih intensif dengan perannya sebagai pemimpin dan penghubung di lingkungan madrasah untuk fokus mengembangkan program-programnya yang rutin, namun tetap menjaga hubungan baik dengan stakeholder dan mitra sehingga menjadikan MIN terpilih sebagai madrasah percontohan dalam pembuatan modul budaya membaca. Sedangkan kepala MI DU aktif dalam perannya sebagai perunding dan penghubung dengan pihak luar madrasah seperti toko buku, sekolah studi banding, iklan buletin, dan pihak lainnya sehingga pelibatan publiknya lebih berhasil. Temuan tersebut memberikan referensi bagi kepala madrasah agar dapat menjalankan peran-peran dalam pengelolaan program literasi, dan pada gilirannya dapat mendorong terciptanya budaya literasi di madrasah serta meningkatkan minat baca warga madrasah terutama peserta didik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFahrurrozi, FahrurroziUNSPECIFIED
Thesis advisorFatkuroji, FatkurojiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran kepala madrasah; Manajemen sekolah; Program literasi
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 22 Jan 2019 01:19
Last Modified: 22 Jan 2019 01:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8677

Actions (login required)

View Item View Item