Implementasi metode muraja’ah untuk keberhasilan belajar dalam program unggulan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an siswa-siswi SD Islam Al Madinah Kalongan Ungaran Timur

Falakhudin, Falakhudin (2018) Implementasi metode muraja’ah untuk keberhasilan belajar dalam program unggulan tahsin dan tahfidz Al-Qur’an siswa-siswi SD Islam Al Madinah Kalongan Ungaran Timur. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of 10  LENGKAP SKRIPSI  REVISI MUNAQOSYAH.pdf]
Preview
Text
10 LENGKAP SKRIPSI REVISI MUNAQOSYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi Metode Muraja’ah untuk keberhasilan belajar dalam Program Unggulan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an siswa-siswi SD Islam Al Madinah Kalongan Ungaran Timur. Tujuan dari penelitian dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui implementasi Metode Muraja’ah untuk keberhasilan belajar dalam Program Unggulan Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an siswa-siswi SD Islam Al Madinah Kalongan Ungaran Timur. Skripsi ini bagi pengasuh yayasan bermanfaat bisa mengembangkan dan meningkatkan program pembelajaran menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode muraja’ah, agar dapat mencetak siswa yang ahlul Qur’an yang lancar, baik dan benar. Bagi ustadz-ustadzah dapat meningkatkan mutu pengajarannya dan meningkatkan kedisiplinannya dalam mengajar. Selain itu juga terus memotivasi agar para siswa dapat menjaga kelancaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan sungguh-sungguh serta kelak menjadi siswa hafidz-hafidzah yang mampu mengamalkan apa yang telah didapatkannya. Bagi para siswa menjadi lebih aktif lagi dalam belajar Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dan mengkaji maknanya, pandai memanfaatkan waktu dan mampu mencari solusi dari pemasalahannya dalam Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an, agar kelak menjadi hafidz-hafidzah yang bisa diharapkan oleh semua pihak sebagai penerus perjuangan Islam dan mampu mengamalkan serta mengajarkan apa yang telah diperolehnya dalam Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an. Bagi Peneliti yang akan datang, Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian berikutnya, yang berhubungan dengan penerapan, pembelajaran Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dengan menggunakan metode muraja’ah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik credibility, confirmability, transferability, dan dependability. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Proses Tahsin dan TahfidzAl-Qur’an di SD Al Madinah yaitu menggunakan sistem one day one ayah. Didalam menghafal Al-Qur’an tentunya harus diiringi niat yang ikhlas, meminta izin kepada orang tua, mempunyai tekad yang besar dan kuat, istiqomah, dan lancar membaca Al-Qur’an. 2) Pelaksanaan menghafal Al-Qur’an dengan metode muraja’ah di SD Islam Al Madinah antara lain: setoran hafalan baru kepada ustadz-ustadzah, muraja’ah hafalan lama yang disima’kan kepada teman dengan berhadapan dua orang dua orang, muraja’ah hafalan lama dengan ustadz-ustadzah, ujian tri wulan. Faktor penghambat dalam menghafal ini antara lain: ayat-ayat yang sudah dihafal lupa lagi, malas, kecapekan, kondisi lingkungan. Adapun faktor pendukungnya antara lain: Istiqomah memuraja’ah, memotivasi diri sendiri, manajemen waktu yang tepat, tempat menghafal dan memuraja’ah hafalan. 3) Hasil menghafal Al-Qur’an dengan metode Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an di SD Al Madinah yaitu dengan proses menghafal Al-Qur’an one day one ayah, maka hafalan siswa menjadi bagus, baik dan benar. Sedangkan dari beberapa kegiatan metode Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an di SD Al Madinah maka hafalan siswa akan semakin terjaga, lancar, baik dan benar dari segi makhraj serta tajwidnya, siswa mampu melakukan ujian muraja’ah dengan penuh semangat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Metode muraja’ah; Hasil belajar; Tahsin dan Tahfidz Alquran; Membaca Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Dec 2018 01:53
Last Modified: 14 Dec 2018 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8756

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics