Implementasi penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa Taman Kanak-Kanak : studi pada siswa TK Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang tahun ajaran 2015/2016

Supriyadi, Hery (2018) Implementasi penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa Taman Kanak-Kanak : studi pada siswa TK Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Implementasi penanaman nilai- nilai akhlak pada siswa taman kanak-kanak (Studi pada siswa TK Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang tahun ajaran 2015/2016). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gencarnya arus globalisasi yang ditengarai sebagai salah satu penyebab kerusakan akhlak serta moral bangsa. Dan pentingnya penanaman nilai-nilai akhlak pada anak usia dini yang masih berada pada masa Golden Age sebagai bentuk usaha untuk menangani masalah dekadensi moral bangsa. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana bentuk nilai-nilai akhlak yang ditanamkan di TK Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang?. (2) Bagaimana implementasi penanaman nilai-nilai akhlak di TK Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang?. (3) Bagaimana kendala yang dihadapi pada saat implementasi penanaman nilai-nilai akhlak di TK Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan yang dilaksanakan di TK Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang, melalui pendekatan metode deskriptif. Adapun data-datanya diambil melalui observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai akhlak yang ditanamkan di TK Hj.Isriati Baiturrahman 2 Semarang mencakup 3 (tiga) ruang lingkup akhlak yaitu: akhlak terhadap Allah SWT, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap lingkungan. Implementasi penanaman nilai-nilai akhlaknya dilakukan disetiap sentra yaitu sentra Agama, senta seni, sentra drama dan bahan alam, sentra balok, sentra persiapan. Penanaman nilai-nilai akhlak juga dilakukan pada setiap kesempatan dan setiap tahapan, mulai dari pembukaan, kegiatan inti, istirahat/makan bekal, penutup, termasuk pada setiap kegiatan Extra kurikuler. Sedangkan kendala yang dihadapi ada tiga yaitu kendala dari pendidik, kendala teknis, kendala �dari peserta didik. Meskipun kendala cukup kompleks, akan tetapi tidak begitu berarti dan dapat teratasi dengan cukup baik karena beberapa faktor pendukung seperti tenaga pendidik yang kompeten dan profesional serta fasilitas sarana prasarana yang lengkap dan sangat memadai.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorNasirudin, NasirudinUNSPECIFIED
Thesis advisorMuslam, MuslamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Pendidikan Islam Anak Usia Dini; Pendidikan anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Dec 2018 02:00
Last Modified: 14 Dec 2018 02:00
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8763

Actions (login required)

View Item View Item