Studi komparasi partisipasi belajar siswa PAI saat menggunakan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Repaking Wonosegoro Boyolali

Azizah, Ulva Nur (2018) Studi komparasi partisipasi belajar siswa PAI saat menggunakan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Repaking Wonosegoro Boyolali. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
Ulva Nur Azizah___133111087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas partisipasi belajar siswa PAI saat menggunakan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perubahan kurikulum pada awal semester genap yang mengakibatkan penggunaan dua kurikulum berbeda pada tingkatan kelas IV dan V tahun ajaran 2017/2018. Studi ini dimaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana partisipasi siswa kelas IV saat menggunakan kurikulum 2006 di SD Negeri 1 Repaking Wonosegoro Boyolali? (2) Bagaimana partisipasi siswa kelas V saat menggunakan kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Repaking Wonosegoro Boyolali? (3) apakah ada perbedaan antara partisipasi belajar siswa saat menggunakan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Repaking Wonosegoro Boyolali? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Repaking Wonosegoro Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Populasi adalah siswa kelas IV yang menggunakan kurikulum 2006 dan siswa kelas V yang menggunakan kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Repaking Wonosegoro Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Data hasil penelitian yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa: (1) partisipasi belajar siswa PAI saat menggunakan kurikulum 2006 di SD Negeri 1 Repaking Wonosegoro Boyolali tahun ajaran 2017/2018 mempunyai nilai rata-rata 50,3 dari rata-rata maksimal 60 yang berada dalam interval 46-50 dengan kategori baik. (2) partisipasi belajar siswa PAI saat menggunakan kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Repaking Wonosegoro Boyolali tahun ajaran 2017/2018 mempunyai nilai rata-rata 52,444 dari rata-rata maksimal 60 yang berada dalam interval 45-52 dengan kategori baik. (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara partisipasi belajar siswa PAI saat menggunakan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Repaking Wonosegoro Boyolali tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai statistik bahwa nilai t hitung sebesar -1,124. Nilai t hitung sebesar -1,124 tersebut lebih kecil dibanding nilai tabel t sebesar 2,014 pada tingkat kepercayaan taraf 5% (t= -1,124< t(0,05:45)=2,014 dan t= -1,124< t(0,01:45)=2,690 t= -1,124<t(0,05:45)=2,014) dan nilai t hitung sebesar -1,124 tersebut juga lebih kecil dibanding nilai t tabel sebesar 2, 690 pada tingkat kepercayaan pada taraf 1% (t= -1,124< t(0,01:45)=2,690), jika t hitung lebih kecil dati t tabel maka Ha ditolak dan Ho diterima. Berarti antara variabel Y1 (partisipasi belajar siswa yang menggunakan kurikulum 2006) dan variabel Y2 (partisipasi belajar siswa yang menggunakan kurikulum 2013) tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa Partisipasi belajar siswa saat menggunakan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 di SD Negeri 1 Repaking Wonosegoro Boyolali tahun ajaran 2017/2018 tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Partisipasi belajar siswa yang menggunakan kurikulum 2006 dan yang menggunakan kurikulum 2013 dalam taraf yang sama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRohman, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorZulaikhah, ZulaikhahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Partisipasi belajar; Kurikulum 2006; Kurikulum 2013; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 14 Dec 2018 02:09
Last Modified: 14 Dec 2018 02:09
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8773

Actions (login required)

View Item View Item