Strategi pemasaran produk simpanan di KSPPS Walisongo Mijen Semarang dalam prespektif etika bisnis Islam

Oktafianjaya, M Bachtiar Cahya (2018) Strategi pemasaran produk simpanan di KSPPS Walisongo Mijen Semarang dalam prespektif etika bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi pemasaran produk simpanan di KSPPS Walisongo Mijen Semarang. (2) mengetahui analisis prespektif etika bisnis Islam pada produk simpanan di KSPPS Walisongo Mijen Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif guna memperoleh pengetahuan luas dan mendalam serta pemaparan secara sistematis, faktual, dan akurat tentang strategi pemasaran produk simpanan yang digunakan KSPPS Walisongo, serta prespektif etika bisnis Islam pada produk simpanan di KSPPS Walisongo. Data penelitian bersumber dari data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan pengamatan secara langsung dilokasi penelitian melalui wawancara dan dokumen atau arsip dari perusahaan. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, dan literatur-literatur mengenai strategi pemasaran dan etika bisnis Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk simpanan yang digunakan KSPPS Walisongo Mijen Semarang sudah baik yaitu dengan cara (1) Meluruskan niat (2) Sistem jemput bola (4) Promosi melalui brosur (6) Meningkatkan kegiatan promosi kepada masyarakat (8) Menggunakan marketing mix (9) Strategi penetrasi pasar (10) Strategi pengembangan pasar (11) Strategi diversifikasi. Prespektif etika bisnis Islam pada strategi pemasaran produk simpananan di KSPPS Walisongo Mijen Semarang adalah sudah sesuai dengan etika bisnis Islam, karena dari prinsip etika bisnis Islam sudah mengaplikasikannya dalam memasarkan produk simpanan yaitu (1) Jujur dalam takaran (2) Menjual barang yang baik mutunya (3) Dilarang menggunakan sumpah (4) Longgar dan bermurah hati (5) Membangun hubungan baik antar kolega (6) Menetapkan harga dengan transparan (7) Menerapkan etika bisnis rasulullah yang menjadi suritauladan bagi umat Islam dalam segala hal, yaitu shiddiq, amanah, fathonah, dan istiqamah (8) Kesatuan (unity) (9) Keseimbangan (equilibrium) (10) Kehendak bebas (free will) (11) Tanggungjawab (responsibility) (12) Kebenaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorAffandi, YuyunUNSPECIFIED
Thesis advisorSuryorini, ArianaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Etika bisnis Islam; Simpanan; BMT
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Economic and professional ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 14 Dec 2018 02:16
Last Modified: 14 Dec 2018 02:16
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8776

Actions (login required)

View Item View Item