Manajemen pelayanan jamaah haji di KBIH Arrahmah Muhammadiyah Kendal tahun 2016

Purnawan, Adi (2018) Manajemen pelayanan jamaah haji di KBIH Arrahmah Muhammadiyah Kendal tahun 2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun oleh AdiPurnawan (131311095) yang berjudul “Manajemen Pelayanan Jamaah Haji di KBIH Arrahmah Muhammadiyah Kendal Tahun 2016” merupakan penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan jamaah haji di KBIH Arrahmah Muhammadiyah Kendal Tahun 2016. 2) Untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan manajemen pelayanan jamaah haji KBIH Arrahmah Muhammadiyah Kendal Tahun 2016. Data diperoleh dengan mengunakan Wawancara, Dokumentasi dan Observasi. Kemudian di analisis deskriptif kualitatif Penyelenggaraanibadah haji dilakukan setiap tahun oleh umat Islam di Indonesia. Sesuai dengan Undang-undang No 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji, menyebutkan bahwa pemerintah berkewajiban memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya terhadap jamaah haji melalui sistem dan manajemen penyelenggaraan haji. Penyelenggaraan sistem dan manajemen haji di maksudkan agar pelaksanna ibadah haji dapat berjalan dengan aman, lancar dan nyaman sesuai dengan tuntunan Agama. Jammah dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri sehingga di peroleh haji yang mabrur. KBIH Arrahmah Muhammadiyah Kendal adalah instansi (non pemerintahan) yang memberikan pelayanan ibadah haji. KBIH Arrahmah Muhammadiyah Kendal adalah instansi (non pemerintahan) yang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji dan umrah dari segi pelayanan. Bahkan dapat memberikan penjelasan atau menjawab atas apa yang masyarakat tidak ketahui tentang bentuk pelayanan dan bimbingan manasik haji Hasil penelitian menunjukan bahwa KBIH Arrahmah Muhammadiyah Kendal memberikan pelayanan meliputi administrasi, bimbingan manasik, konsumsi dan kesehatan. Kelebihan adanya koordinasi yang rapi dan mapan kepada Kordinator wilayah-kordinator wilayah (korwil-korwil) atau instansi terkait, sehingga mempermudah kelancaran pelaksanaan pelayanan ibadah haji, Tersedianya tempat bimbingan praktek manasik di Rumah Sakit Islam Kendal yang dapat memudahakan jamaah calon haji dalam memahami segala hal tentang haji, sarana dan prasarana mendukung dalam pelayanan pendaftaran misalnaya : Ruang ber AC, kursi tunggu, buletin, koran, air mineral dan Staf/Pimpinan KBIH Arrahmah Muhammadiyah Kendal kerumah jamaah untuk mendaftar jika calon jamaah belum sempat ke kantor KBIH Arrahmah. Dalam pelaksanaan manajemen pelayanan masih terdapat kekurangan yaitu jarak yang jauh, mempunyai keilmuan yang berbeda-beda dan untuk jamaah lansia adanya pendamping khusus.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorRozi, FachrurUNSPECIFIED
Thesis advisorSuryorini, ArianaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen pelayanan; Jamaah haji; Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 14 Dec 2018 02:18
Last Modified: 14 Dec 2018 02:18
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8777

Actions (login required)

View Item View Item