Peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMK Negeri 4 Semarang

Hamidah, Siti Nur (2018) Peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMK Negeri 4 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMK Negeri 4 Semarang. Kajian ini dilatarbelakangi semakin tingginya fenomena kenakalan remaja usia sekolah. SMK Negeri 4 Semarang merupakan lembaga pendidikan umum yang memiliki tingkat indispliner siswanya yang relatif rendah. Untuk itu, peneliti bermaksud mengkaji lebih mendalam tentang peran guru PAI dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMK Negeri 4 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif studi kasus di SMK Negeri 4 Semarang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi data dan menggunakan teknik deskripsi analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perilaku indisipliner siswa di SMK Negeri 4 Semarang adalah terlambat, membolos di jam pelajaran tertentu, menyalahi aturan pemakaian atribut sekolah, mangkir dari kewajiban sholat jum’at, berkata-kata kotor dan kurang sopan, memakai celana pensil, mewarnai rambut, tidak mengerjakan tugas dari guru dan merokok. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku indisipliner tersebut adalah diri siswa sendiri, keluarga (orang tua), lingkungan dan pergaulan sosial, adanya kesempatan (waktu luang), dan kurangnya pemahaman agama. Dalam hal ini guru PAI di SMK Negeri 4 Semarang berperan penting dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di sana, yakni dengan berperan sebagai: (1) Sebagai korektor: guru PAI memberikan koreksi kepada siswa mana perbuatan yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan sebagai seorang pelajar muslim. (2) Sebagai motivator: guru PAI selalu memberikan motivasi-motivasi kepada siswa di 10 menit sebelum dimulai dan 10 menit saat akan ditutup pembelajaran, juga memberikan motivasi kehidupan di luar jam pelajaran tentang kesuksesan seorang muslim itu diawali dari sebuah kedisiplinan. (3) Sebagai pembimbing: guru PAI membimbing siswa agar senantiasa menghiasi dan menyibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan keagamaan yang bertujuan membiasakan diri siswa berlaku disiplin dan terhindar dari perbuatan melanggar seperti dengan melakukan sholat dhuha, sholat berjama’ah, sholat jum’at, mengikuti kajian an-Nisa setiap jum’at bagi siswa perempuan, zakat fitrah dan kurban setiap setahun sekali. Dengan peran yang dimiliki guru PAI ditambah dengan kerja sama bersama guru-guru mata pelajaran lain dan juga kepala sekolah menjadikan dampak positif pada pembentukan akhlak yang baik pada diri siswa, sehingga tingkat pelanggaran yang dilakukan siswa di SMK Negeri 4 Semarang dapat teratasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku indisipliner; Guru; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 25 Jan 2019 03:26
Last Modified: 03 Jul 2021 05:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8793

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics