Efektivitas model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis materi keseimbangan hidup di dunia dan akhirat kelas VIII di MTs Attaqwa Bandar, Batang tahun ajaran 2017/2018

Himmah, Ulyatul (2018) Efektivitas model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis materi keseimbangan hidup di dunia dan akhirat kelas VIII di MTs Attaqwa Bandar, Batang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahann, apakah efektif model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) (variabel X) terhadap hasil belajar siswa, dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis materi keseimbangan hidup di dunia dan akhirat kelas VIII MTs. Attaqwa Bandar tahun ajaran 2017/2018 (variabel Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa soal. Dengan jumlah sampel 68 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Dari penelitian yang telah dilakukan terhadap peserta didik kelas VIII A MTs Attaqwa Bandar Tahun pelajaran 2017/2018, diperoleh hasil bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif terhadap prestasi pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis materi keseimbangan hidup di dunia dan akhirat. Hal ini ditunujukan berdasarkan uji perbedaan rata-rata t-test, karena T_hitung (3,022) > T_tabel (1,668) dengan taraf signifikan 0,05%. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan post test kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ( nilai rata-rata 77,6471) menunjukan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional (nilai rata-rata 70,7353). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif untuk hasil belajar al-Qur’an Hadis.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorWahyudi, WahyudiUNSPECIFIED
Thesis advisorKhunaefi, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Numbered Head Together (NHT); Hasil belajar; Pembelajaran Alquran Hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 17 Dec 2018 05:21
Last Modified: 17 Dec 2018 05:21
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8795

Actions (login required)

View Item View Item