Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal

Khunainah, Lamkhatul (2018) Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh banyak dijumpai remaja yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Secara kasat mata lulusan MI dianggap lebih memiliki kemampuan membaca lebih baik dibandingkan dengan lulusan SD. Hal ini dikarenakan banyak orang yang berfikiran bahwa di SD mata pelajaran agama sangat sedikit. Skripsi ini membahas tentang studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII Mts Negeri 2 Kendal. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan MI di MTs Negeri 2 Kendal? (2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD di MTs Negeri 2 Kendal? (3) Adakah perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara lulusan MI dan SD pada kelas VII di MTs Negeri 2 Kendal? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan runus t-test. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa lulusan SD termasuk dalam kategori “Baik”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 74,645. (2) kemampuan membaca Al-Quran siswa lulusan MI termasuk dalam kategori “Sedang/Cukup”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 69,364. (3) Dari analisis uji hipotesis diperoleh to (t observasi) adalah 2,413. Sedangkan tt (t tabel) untuk taraf signifikansi 5% yaitu 1,660. Ini berarti nilai tobservasi lebih besar dari t tabel. Berarti ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa lulusan SD dan siswa lulusan MI di MTs Negeri 2 Kendal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorJunaedi, MahfudUNSPECIFIED
Thesis advisorSutiyono, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca Alquran; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 17 Dec 2018 05:33
Last Modified: 17 Dec 2018 05:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8806

Actions (login required)

View Item View Item