Tingkat kepuasan jemaah pada pelayanan ibadah haji di Kementerian Agama Kota Semarang tahun 2017

Lestari, Siti Kris Fitriana Wahyu (2018) Tingkat kepuasan jemaah pada pelayanan ibadah haji di Kementerian Agama Kota Semarang tahun 2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Tingkat Kepuasan Jemaah Pada Pelayanan Ibadah Haji di Kementerian Agama Kota Semarang Tahun 2017. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dan obyek yang diteliti yaitu di Kementerian Agama Kota Semarang bagian Penyelenggara Haji dan Umroh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan jemaah pada pelayanan ibadah haji di Kementerian Agama Kota Semarang tahun 2017. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, karena fokus dari penelitian ini adalah angka dari tingkat kepuasan jemaah pada pelayanan ibadah haji di Kementerian Agama Kota Semarang Tahun 2017. Survey digunakan untuk mengetahui ada tidaknya kepuasan pada pelayanan ibadah haji di Kementerian Agama Kota Semarang Tahun 2017. Survey dilakukan dengan mengambil sample dari suatu populasi, yaitu jemaah haji Tahun 2017 dengan pengumpulan datanya menggunakan serangkaian pertanyaan tersusun dalam suatu daftar pertanyaan kuisioner. Adapun sampel yang diambil berjumlah 95 orang dari jumlah populasi jemaah haji di Kementerian Agama Kota Semarang tahun 2017 sebanyak 2.095 jemaah. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil penelitian ini menyatakan ada pengaruh positif yang signifikan antara pelayanan ibadah haji terhadap kepuasan jemaah di Kementerian Agama Kota Semarang tahun 2017. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan hasil uji signifikansi pada tabel Anova menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,000. Jika dibandingkan dengan α = 0,05, maka nilai Sig. lebih kecil daripada α (sig. < α), yaitu 0,000<0,05, sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa variabel X (pelayanan) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (kepuasan). Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y dapat diketahui dengan melihat nilai R2 pada tabel Model Summary. Interpretasi yang didapatkan adalah nilai R square (R2) adalah 0,962 atau 96,2%. Nilai ini menunjukkan bahwa variabel X(pelayanan) terhadap Y (kepuasan) adalah sebesar 96,2% dan variabel lain yang mempengaruhi variabel Y (kepuasan) adalah sebesar 3,8 %.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorCholiq, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorSaerozi, SaeroziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Jamaah haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 17 Dec 2018 05:36
Last Modified: 17 Dec 2018 05:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8810

Actions (login required)

View Item View Item