Pengaruh persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik kelas VIII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal tahun 2017/2018

Ulfa, Isna (2018) Pengaruh persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak peserta didik kelas VIII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal tahun 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img] Text
PDF FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Persepsi Peserta Didik tentang Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Prestasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta Didik kelas VIII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal Tahun 2017/2018. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh Peserta Didik kelas VIII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Karena jumlah populasi kurang dari 100 yaitu 87 siswa, untuk itu diambil seluruhnya dari jumlah populasi sebanyak 87 siswa untuk dijadikan responden penelitian. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode angket, dan metode dokumentasi. Sebelum instrument penelitian disebarkan kepada responden, intrumen tersebut harus memiliki kriteria validitas dan reliabilitas. Setelah peneliti melakukan uji coba instrumen angket tentang Persepsi Peserta Didik Tentang Keterampilan Mengajar Guru yang berjumlah 33 soal diperoleh 30 soal yang dinyatakan valid dan reliabel. Dari 30 item soal yang dinyatakan valid dan reliabel, instrumen tersebut kemudian disebarkan kepada 87 Peserta Didik kelas VIII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi linier Sederhana. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan taraf signifikan 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N-2= 85 diperoleh Ftabel sebesar 3,95 sedang Freg sebesar 137,393. Jika dibandingkan keduanya Freg = 137,393 > Ftabel (0,05 ; 85) = 3,95. Kemudian pada taraf signifikan 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N-2 = 85 diperoleh Ftabel sebesar 6,94 sedang Freg sebesar 137,393. Jika dibandingkan keduanya Freg = 137,393> Ftabel (0,01 ; 85) = 6,94. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan 0,01 dan 0,05 keduannya menunjukkan signifikan, berarti variabel Persepsi Peserta Didik Tentang Keterampilan Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta Didik kelas VIII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal Tahun 2017/2018. Hasil penelitian yang peneliti lakukan diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khasanah ilmu pengetahuan dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorJunaedi, MahfudUNSPECIFIED
Thesis advisorKunaepi, AangUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru; Kompetensi pedagogik; Peserta didik; Keterampilan mengajar; Hasil belajar; Aqidah akhlaq
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 17 Dec 2018 06:36
Last Modified: 17 Dec 2018 06:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8815

Actions (login required)

View Item View Item