Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Materi Pokok Bilangan pada Peserta Didik Kelas IV MI Negeri Karang Poh Kec. Pulosari Kab. Pemalangtahun ajaran 2012/2013

Rahmawati, Mei Shinta (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Materi Pokok Bilangan pada Peserta Didik Kelas IV MI Negeri Karang Poh Kec. Pulosari Kab. Pemalangtahun ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911040_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911040_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911040_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911040_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911040_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911040_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911040_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran Think Talk Write(TTW) pada materi pokok bilangan pada peserta didik kelas IV MI Negeri Karang Poh Kec. Pulosari Kab. Pemalang tahun ajaran 2012/2013? 2. Apakah strategi Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok bilangan di kelas IV MI Negeri Karang Poh Kec. Pulosari Kab. Pemalang tahun ajaran 2012/2013?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas IV MI Negeri Karang Poh. Berdasarkan observasi awal terhadap proses pembelajaran Matematika di kelas IV,peserta didik masih kurang paham dengan materi yang diajarkan oleh guru dan peserta didik merasa bosan dengan suasana yang kurang menarik, seperti dalam proses belajar mengajar peserta didik mengobrol sendiri, bermain bulpoin dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada kelas IV MI Negeri Karang Poh dengan jumlah peserta didik ada 20. Pengumpulan data ini dengan menggunakan metode observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif non statistik. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mengadakan tes pra siklus untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi sebelumnya yaitu materi perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit. Tahap kedua adalah pelaksanaan siklus I dan siklus II. Sedangkan tahap ketiga adalah penyempurnaan data dan penyusunan laporan. Pada kondisi awal hasil belajar peserta didik sangat rendah yaitu rata-rata 54,5 dengan ketuntasan belajar 30%. Setelah diterapkan strategi pembelajaranThink Talk Write (TTW) hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 62,5 dengan ketuntasan belajar sebanyak 55%. Pada siklus II diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 76 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 75%. Dari data tersebut terlihat, bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Think Talk Write (TTW); Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 13 Dec 2013 05:58
Last Modified: 13 Dec 2013 05:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item View Item