Pengaruh pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak dan ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara

Rachmawati, Nur’aida Putri (2018) Pengaruh pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak dan ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak dan ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Adakah pengaruh pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara (2) Adakah pengaruh ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara (3) Adakah pengaruh pemahaman mata pelajaran akidah akhlak dan ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh antara pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara dikarenakan data non signifikan (2) Terdapat pengaruh antara ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara dikarenakan data signifikan. (3) Terdapat pengaruh antara mata pelajaran aqidah akhlak dan ketaatan beribadah siswa terhadap perilaku sosial siswa di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara dikarenakan data signifikan. Hasil perhitungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa prediktor X1 mempunyai kontribusi terhadap variabel kriterium (Y) sebesar 0,72%. Sedangkan prediktor X2 mempunyai kontribusi terhadap variabel kriterium (Y) yaitu adab pergaulan siswa sebesar 17,4%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa prediktor X2 yaitu ketaatan beribadah siswa memiliki kontribusi atau sumbangan yang lebih besar dari pada prediktor X1 yaitu pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak dalam menentukan besar atau tingginya variasi variabel kriterium Y yang merupakan perilaku sosial siswa kelas IX di MTs Sabilul Ulum Mayong Jepara.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHajar, IbnuUNSPECIFIED
Thesis advisorKarnadi, KarnadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Pelajaran aqidah akhlak; Ketaatan beribadah; Perilaku sosial; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 19 Dec 2018 03:34
Last Modified: 19 Dec 2018 03:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8820

Actions (login required)

View Item View Item