Manajemen kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang

Arif N., Muchamad (2018) Manajemen kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img] Text
SKRIPSI-All ARIF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti tentang pengelolaan ekstrakurikuler di sekolah tersebut yang sering meraih prestasi di bidang ekstrakurikuler. Dalam hal ini, pengelolaan ekstrakurikuler sangat efektif karena sekolah ini sangat fokus dalam pembinaannya. Studi ini dibuat untuk menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana perencanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang. (2) Bagaimana pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang. (3) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang. permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA Al Khoiriyyah Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan minat dan bakat. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di MA Al Khoiriyyah Semarang. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam hal perencanaan, seluruh pengelola ekstrakurikuler di MA MA Al Khoiriyyah Semarang mampu merencanakan tugasnya dengan baik., diantaranya memuat tujuan program yang jelas, rencana kerja yang teratur, pembinaan yang baik. (2) Dalam pelaksanaan, MA Al Khoiriyyah Semarang memuat susunan organisasi, pembagian tugas, sarana dan prasarana, dan sumber dana, demikian itu telah diatur dengan baik. (3) Sedangkan evaluasi dilakukan melalui evaluasi kurikulum dan evaluasi murid. Evaluasi dilakukan satu semester sekali, evaluasi murid dilakukan setiap kali selesai latihan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorWahid, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorZuhri, SaifudinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen sekolah; Ekstrakurikuler; Minat dan Bakat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 19 Dec 2018 03:43
Last Modified: 19 Dec 2018 03:43
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8826

Actions (login required)

View Item View Item