Manajemen peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang

Purnama, Maulina Eka (2018) Manajemen peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi lengkap.pdf]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial guru? (2) Bagaimana pelaksanaan peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial guru? (3) Bagaimana evaluasi peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial guru? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA Al-Khoiriyyah Semarang dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret manajemen peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial guru di MA Al-Khoiriyyah SemaranJenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Adapun metode analisis datanya peneliti menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian in menunjukan bahwa : (1) Perencanaan profesionalisme guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang dibuat berdasarkan atas hasil analisis kebutuhan dan perkiraan yang sudah ditetapkan. Namun tidak ada rancangan rencana secara terprogram, baik dalam rencana program tahunan, semesteran maupun bulanan. (2) Pelaksanaan peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang dilakukan berupa keikutsertaan dalam program pelatihan yang diadakan yayasan Al-Khoiriyyah Semarang (3) Evaluasi program peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru di MA Al-Khoiriyyah Semarang dilaksanakan dalam bentuk penilaian dari kepala sekolah kepada guru, penilaian antar sesama guru dan penilaian dari murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen sekolah; Kompetensi kepribadian; Kompetensi soial; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 19 Dec 2018 03:45
Last Modified: 19 Dec 2018 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics