Studi Eksperimen antara Penggunaan Metode Team Quiz dengan Gallery Walk dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatus Shibyan Mangkang Kulon Tahun Ajaran 2012/2013

Mustaghfirin, Mustaghfirin (2013) Studi Eksperimen antara Penggunaan Metode Team Quiz dengan Gallery Walk dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatus Shibyan Mangkang Kulon Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911042_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911042_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911042_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911042_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911042_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911042_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911042_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode Team Quiz dengan Gallery Walk pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatus Shibyan Mangkang Kulon Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ”Apakah ada pengaruh hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan kelas V Madrasah Ibtidaiyah I’anatus Shibyan Mangkang Kulon Tahun ajaran 2012/2013 antara yang menggunakan metode Team Quiz dan yang menggunakan metode Gallery Walk?” Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 43, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel, dengan kelas V A yang terdiri dari 21 peserta didik sebagai kelas eksperimen I dan kelas V B yang terdiri dari 22 peserta didik sebagai kelas eksperimen II. Peserta didik kelas VI sebagai kelas uji coba soal dengan jumlah peserta didik 34. Sebelum instrument test digunakan untuk mendapat data yang objektif terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk pengujian validitas, reabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan menggunakan data dokumentasi sebagai pelengkap. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa hasil test yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (post test) kelompok yang menggunakan metode Team Quiz adalah 72,00, sedangkan rata-rata hasil belajar yang menggunakan metode Gallery Walk adalah 66,09. berdasarkan hasil uji komparasi(uji t-test) yang diperoleh bahwa thitung = 2,760 dan ttabel = 1,68 dengan taraf nyata sebesar 5% jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS materi pokok perjuangan mempertahankan kemerdekaan antara penggunaan metode Team Quiz dengan Gallery Walk. Demikian pembelajaran yang menggunakan metode Team Quiz lebih baik daripada pembelajaran yang menggunakan Gallery Walk.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Team Quiz; Metode Gallery Walk; Hasil Belajar; Metode Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 13 Dec 2013 06:01
Last Modified: 13 Dec 2013 06:01
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item