Analisis kepuasan orang tua siswa terhadap layanan pendidikan di MTs N 2 Semarang

Windriati, Frisca (2018) Analisis kepuasan orang tua siswa terhadap layanan pendidikan di MTs N 2 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pelanggan adalah faktor terpenting untuk mengetahui mutu sebuah lembaga pendidikan. Skripsi kepuasan orang tua siswa terhadap layanan pendidikan di MTs N 2 Semarang dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimanakah tingkat kepuasan layanan pendidikan siswa di MTs N 2 Semarang (2) Bagaimana strategi meningkatkan kepuasan layanan pendidikan siswa di MTs N 2 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kuantitatif dengan analisis tingkat kepentingan- kinerja (importance performance analysis) dari John A. Martila dan John C. James. Kajian ini menunjukkan: 1. Penilaian kenyataan pada dimensi tangible bukti fisik, reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati) berada pada interval 3, 40- 4,20 (memuaskan), sedangkan penilaian harapan pada lima dimensi layanan berada pada interval 4, 20- 5,00 (sangat penting). Rata-rata penilaian kenyataan pada lima aspek layanan berada pada interval 3,40-4,20 (memuaskan) dan penilaian harapan pada interval 4, 20- 5,00 (sangat penting). Karena sudah mencapai pada tingkat kenyataan memuaskan, maka madrasah harus dapat menjaga setiap layanan yang sudah baik dan meningkatkan aspek yang masih kurang dan mengoptimalkan harapan-harapan orang tua. Dengan demikian, hendaknya sekolah mengembangkan kelima dimensi layanan pendidikan, membina kerjasama lebih baik dengan komite sekolah, dan mengadakan survei kepuasan pelanggan secara rutin.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorFahrurrozi, FahrurroziUNSPECIFIED
Thesis advisorWahid, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepuasan orang tua; Layanan pendidikan; Manajemen pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 19 Dec 2018 03:48
Last Modified: 19 Dec 2018 03:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8830

Actions (login required)

View Item View Item