Evaluasi pelaksanaan program tahfidzul Qur’an di SD IT Permata Bunda Mranggen Demak : ditinjau dari context, input, process, dan product

Astuti, Duwi Puji (2018) Evaluasi pelaksanaan program tahfidzul Qur’an di SD IT Permata Bunda Mranggen Demak : ditinjau dari context, input, process, dan product. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of LENGKAP.pdf]
Preview
Text
LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Evaluasi Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an di SDIT Permata Bunda Mranggen Demak (ditinjau dari Context, Input, Process, dan Product). Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya evaluasi pada suatu program untuk menghasilkan informasi yang baik dan tepat dalam memberkan tindak lanjut/ perbaikan pada program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan model evaluasi context, input, process, dan product (CIPP). Kepala SDIT Permata Bunda, waka kesiswaan, waka kurikulum, pembina program, peserta didik, dan orangtua/wali peserta didik dijadikan sumber data untuk mendapatkan hasil evaluasi program tahfidzul Qur’an. Pengambilan data diperoleh dengan cara angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi program tahfidzul Qur’an ditinjau dari CIPP dikatakan sangat baik dengan hasil rata-rata 4,51 dan rincian semua komponen sebagai berikut: 1) komponen context memiliki hasil rata-rata 4,47 dikategorikan sangat baik, 2) komponen input memiliki rata-rata 4,49 dikategorikan sangat baik, 3) komponen process dikategorikan sangat baik dengan hasil rata-rata 4,52, 4) komponen product memiliki hasil rata-rata 4,54 yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa program tahfidzul Qur’an dapat dilanjutkan pelaksanaannya dengan perbaikan pada beberapa bagian dalam komponen konteks, input, proses, dan produk. Saran juga diberikan penulis kepada pihak sekolah guna untuk memperbaiki komponen yang mendapatkan hasil minimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Tahfid Alquran; Evaluasi program; Evaluasi pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fitria Nuraini
Date Deposited: 19 Dec 2018 03:50
Last Modified: 19 Dec 2018 03:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8831

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics