Pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang tahun ajaran 2017/2018

Zahro’, Salma Fatimatuz (2018) Pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img] Text
Skripsi Full biasa salma Fatimatuz Zahro.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang tahun ajaran 2017/2018. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana intensitas belajar siswa kelas X MA YSPIS Rembang Tahun Ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang Tahun Ajaran 2017/2018? Penelitian ini dilaksanakan di MA YSPIS Rembang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data metode kuesioner, metode tes, dan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA YSPIS Rembang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 219 siswa. Kemudiam sampel diambil sebanyak 25% secara acak, sehingga jumlah sampel sebesar 55 responden. Dari perhitungan intensitas belajar siswa kelas X MA YSPIS Rembang diperoleh nilai dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata 30,4364 terletak pada interval 29-31. Dari perolehan hasil belajar mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang diperoleh nilai dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata 84, 462 terletak pada interval 83-85. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor dan uji signifikansi Freg dan nilai Freg diperoleh 79,737. Kemudian dikonsultasikan dengan harga Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 4,2. Karena Freg > Ftabel maka dinyatakan signifikan. Kemudian koefisien kontribusi R2 yang didapatkan adalah sebesar 59,3%. Maka ada pengaruh antara intensitas belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh positif intensitas belajar terhadap hasil belajar ranah kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas X MA YSPIS Rembang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan kontribusi 59,3%. Selebihnya 40,7% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor tersebut dapat berupa faktor internal maupun faktor eksternal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHadjar, IbnuUNSPECIFIED
Thesis advisorAsiyah, NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Intensitas belajar; Hasil belajar; Ranah kognitif; Alquran dan hadits
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 19 Dec 2018 03:52
Last Modified: 19 Dec 2018 03:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8832

Actions (login required)

View Item View Item