Analisis materi pendidikan akhlak dalam hadis riwayat Abu Hurairah tentang larangan saling mendengki dan bermusuhan

Rochim, Abdur (2018) Analisis materi pendidikan akhlak dalam hadis riwayat Abu Hurairah tentang larangan saling mendengki dan bermusuhan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi oleh banyak terjadi penyimpangan akhlak. Misalnya tawuran yang dilakukan oleh para pelajar, banyaknya fitnah, berita hoax dan ujaran kebencian yang disebar di dunia nyata dan media sosial hanya karena beda pemahaman dan beda pandangan. Perlu adanya suatu materi yang bisa diajarkan kepada anak sejak dini, agar tidak terjadi penyimpangan akhlak. Terdapat hadis tentang larangan saling mendengki bermusuhan yang jika dikaji terdapat materi pendidikan akhlak yang dapat diajarkan kepada anak. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa yang dimaksud dengan pendidikan akhlak dan meliputi apa saja cakupan materinya? (2) Bagaimana deskripsi hadis riwayat Abu Hurairah tentang larangan saling mendengki dan bermusuhan? (3) Apa saja materi pendidikan akhlak yang terkandung dalam hadis riwayat Abu Hurairah tentang larangan saling mendengki dan bermusuhan?. Permasalahan dibahas dengan menggunakan metode kepustakaan (library research), metode pengumpulan datanya yakni dengan teknik dokumentasi. Data diperoleh dari kitab-kitab hadis beserta syarah-nya, kitab-kitab yang relevan dan buku-buku pendidikan akhlak. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) Pendidikan akhlak adalah usaha sadar manusia untuk mengubah dasar-dasar tingkah laku sehingga menjadi manusia yang mulia. Mengenai materi pendidikan akhlak jika ditinjau dari segi hubungan mencakup akhlak kepada Allah, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada lingkungan, bila ditinjau dari segi jenis mencakup Akhla>qul Mahmu>dah dan Akhla>qul Maz|mu>mah. (2) Hasil penelitian hadis menunjukkan bahwa hadis yang ditakhrij oleh Imam al-Bukhari riwayat Abu Hurairah jalur Bisyr bin Muhammad jika ditinjau dari segi kualitas dapat dinilai memiliki kualitas sahih li-z\atihi, karena dari segi sanadnya menunjukan derajat ṣahīh demikian pula dari segi matan. (3) Hasil analisis kandungan hadis tedapat materi pendidikan akhlak yang dapat diterapkan dalam mendidik anak meliputi larangan berprasangka, larangan mencari-cari kesalahan maupun memata-matai orang lain, larangan mendengki, larangan bermusuhan, larangan membenci, dan anjuran menjaga persaudaraan (Ukhuwah Islamiyah). Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pengembangan khazanah ilmu pengetahuan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang, dan juga diharapkan akan menjadi bahan materi bagi pendidik/orang tua dalam masalah akhlak terhadap peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorSoebahar, Moh. ErfanUNSPECIFIED
Thesis advisorMursid, MursidUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak; Studi hadis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits > 297.1251 Study of Text of Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 19 Dec 2018 03:52
Last Modified: 19 Dec 2018 03:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8833

Actions (login required)

View Item View Item