Pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti materi berbusana muslim dan muslimah terhadap etika berbusana muslimah di luar sekolah siswa kelas X SMA Ma’arif NU 04 Kangkung Kendal tahun ajaran 2017/2018

Hanifah, Amalia Nur (2018) Pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti materi berbusana muslim dan muslimah terhadap etika berbusana muslimah di luar sekolah siswa kelas X SMA Ma’arif NU 04 Kangkung Kendal tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang judul adalah adanya fenomena jilbab/busana Muslimah dengan berbagai macam desain tetapi masih belum memenuhi syarat sebagai busana Muslimah sesuai syari’at Islam dan fenomena tersebut sudah merambah diberbagai kalangan terkhusus siswa SMA. Di sekolah sudah tentu diajarkan Pendidikan Agama Islam khususnya materi berbusana Muslim dan Muslimah yang di ajarkan di kelas X, seharusnya akan memberikan pengetahuan dan pemahaman siswa dalam berbusana Muslimah. Dengan didukung sekolah yang notaben sekolah berbasis Islam seperti SMA Ma’arif NU 04 Kangkung Kendal dimana mewajibkan siswanya untuk berbusana Muslimah di lingkungan sekolah seharusnya dapat memberikan pengaruh positif pada siswa dalam beretika berbusana Muslimah di luar sekolah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi berbusana Muslim dan Muslimah tahun ajaran 2017/2018, (2) Bagaimana etika berbusana Muslimah di luar sekolah siswi kelas X SMA Ma’arif NU 04 Kangkung Kendal tahun ajaran 2017/2018, (3) Adakah pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Berbusana Muslim dan Muslimah terhadap Etika Berbusana Muslimah di Luar Sekolah pada Kelas X SMA Ma’arif NU 04 Kangkung Kendal Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode field reseach (penelitian lapangan). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah responden perempuan kelas X (IPA dan IPS) sebanyak 38 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: Hasil pengolahan data bahwa tingkat kualitas pembelajaran PAI dan Budi Pekerti materi Berbusana Muslim dan Muslimah berada pada interval 73-78 dengan nilai mean sebesar 76,18 yang berarti “cukup”, dan tingkat kualitas etika berbusana Muslimah siswa di luar sekolah memiliki kategori “cukup” dengan nilai mean 82,53 atau berada pada interval 80-85. Hasil dari pengujian pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi berbusana Muslim dan Muslimah terhadap Etika berbusanna Muslimah di luar sekolah menunjukkan garis persamaan regresi Y ̂=43,10592+0,51967X, nilai Fhitung sebesar 15,31098 > Ftabel 4,11 atau 7,39 (untuk taraf signifikansi 5% atau taraf signifikansi 1%), maka Ho ditolak dan Ha diterima (signifikan) dan kontribusi X terhadap Y sebesar 29,84%. Sehingga dapat dinyatakan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi berbusana Muslim dan Muslimah memberi pengaruh terhadap Etika berbusanna Muslimah di luar sekolah. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Kata Kunci : Pembelajaran PAI (Berbusana Muslim dan Muslimah) dan Etika Berbusana Muslimah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorMursid, MursidUNSPECIFIED
Thesis advisorKhunaifi, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam (PAI); Budi pekerti; Etika berbusana
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 177 Ethics of social relations
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 19 Dec 2018 03:54
Last Modified: 19 Dec 2018 03:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8834

Actions (login required)

View Item View Item