Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Memahami Keperwiraan Nabi Muhammad SAW dengan Menggunakan Metode Role Playing dan Team Quiz pada Kelas V di MI Riyadlotuth Tholibin Panunggalan 2 Pulokulon Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013

Kholidatur Rohmah, Naili (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Memahami Keperwiraan Nabi Muhammad SAW dengan Menggunakan Metode Role Playing dan Team Quiz pada Kelas V di MI Riyadlotuth Tholibin Panunggalan 2 Pulokulon Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911043_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911043_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911043_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911043_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911043_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911043_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911043_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengaplikasikan metode Role Playing dan Team Quiz pada peserta didik kelas V MI Riyadlothut Tholibin 02 Panunggalan Pulokulon Grobogan Tahun ajar 2012/2013. 2) meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Riyadlotuth Tholibin Panunggalan 02 Pulokulon Grobogan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas V MI Riyadlotuth Tholibin Panunggalan 2 Pulokulon Grobogan. Dalam penerapannya melalui 2 siklus, yaitu siklus I dan II, dan setiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada kondisi awal sebelum diterapkanya metode Role Playing dan Team Quiz, ratarata hasil belajar peserta didik sebesar 64,24 dengan ketuntasan belajar sebesar 51,51%. Setelah dilaksanakan metode Role Playing dan Team Quiz hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I, prosentasi rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 73,18 dengan ketuntasan belajar peserta didik sebesar 72,72%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 81,36 dengan ketuntasan belajar sebesar 93,93%. Dari data tersebut, jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar dari sebelum diterapkannya metode Role Playing dan Team Quiz dengan setelah metode Role Playing dan Team Quiz diterapkan. Namun dari penelitian ini masih terdapat peserta didik yang dari siklus pertama dan kedua mempunyai nilai di bawah indikator keberhasilan. Hal ini disebabkan karena daya ingat peserta didik yang lemah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Role Playing dan Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V khususnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MI Riyadlotuth Tholibin Panunggalan 2 Pulokulon Grobogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Metode Role Playing; Metode Team Quiz; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.63 Muhammad the Prophet
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farid Ma'ruf
Date Deposited: 13 Dec 2013 06:03
Last Modified: 13 Dec 2013 06:03
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item