Pengembangan bahan ajar berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta untuk siswa kelas III MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang

Minati, Ainur Aisyifa (2018) Pengembangan bahan ajar berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran IPA materi bumi dan alam semesta untuk siswa kelas III MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) yang bertujuan mengembangkan bahan ajar IPA berbasis multiple intelligences dan mengetahui efektifitas bahan ajar IPA berbasis multiple intelligences. Bahan ajar yang dikembangkan diuji kevalidan oleh ahli materi, ahli media, dan guru kelas III MI Al-Hikmah Polaman. Sedangkan efektifitas bahan ajar diuji cobakan pada siswa kelas III MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang. Instrument yang digunakan untuk pengujian kevalidan bahan ajar berupa angket dan instrument untuk efektifitas berupa soal yang terdapat dalam bahan ajar. Uji validitas bahan ajar menurut ahli materi pada kategori sangat baik dengan persentase 95,8%, menurut ahli media dalam kategori sangat baik dengan presentase 87,5%, dan menurut guru kelas III MI Al-Hikmah dalam kategori sangat baik dengan presentase 81,9%. Uji coba keefektifan produk mendapatkan hasil nilai gain 60% pada kelas eksperimen. Hal ini menandakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan efektif sehingga layak untuk digunakan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)Email
Thesis advisorHidayati, AniUNSPECIFIED
Thesis advisorKusuma, Hamdan HadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar; Multiple intelligences; Kecerdasan jamak; Pembelajaran sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 26 Dec 2018 08:14
Last Modified: 26 Dec 2018 08:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8856

Actions (login required)

View Item View Item